Cegah Pencari Suaka Balik, Trotoar Kebon Sirih Dijaga 30 Satpol PP Ratusan para pencari suaka yang beberapa hari belakngan ini tidur di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat dipindahkan oleh Pemprov DKI ke lahan eks Kodim di Kalideres, Jakarta Barat. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 30 petugas Satpol PP Jakarta Pusat untuk menjaga trotoar Jalan Raya Kebon Sirih agar para pencari suaka yang telah direlokasi ke eks Kodim Jakarta Barat, Kalideres tak kembali lagi bermukin di lokasi tersebut.

Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi menegaskan bahwa imigran pencari suaka yang tengah direlokasi ke lahan milik Pemprov DKI itu tidak boleh lagi menggelandang di trotoar Kebon Sirih. "Kami sudah menugaskan 30 personil satpol PP untuk menjaga trotoar dan sekitarnya dari para pencari suaka," kata dia, saat dikonfirmasi, Jumat (12/7).

BACA JUGA: Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Depresi

Menurut Irwandi, imigran pencari suaka terus bertambah seiring relokasi yang dilakukan sedari siang. Untuk itu, harus dijaga lantaran Pemprov DKI juga tidak ingin semakin banyak pencari suaka yang mengokupasi trotoar karena hal itu melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Ratusan para pencari suaka yang beberapa hari belakngan ini tidur di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat dipindahkan oleh Pemprov DKI ke lahan eks Kodim di Kalideres, Jakarta Barat. Foto: MP/Asropih

Irwandi juga mengaku bahwa taman yang rusak karena ditempati pencari suaka saat ini tengah diperbaiki oleh petugas Dinas Pertamanan DKI. "Kami juga membereskan taman yang rusak," tutup eks Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DKI itu.

Kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB ratusan imigran para pencari suaka yang dua pekan bermukim di trotoar Kebon Sirih dipindahkan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Para pencari suaka yang berasal dari negara Afghanistan, Pakistan, Somalia, Sudan, dan Palestina dipindahkam dengan menggunakan bus TransJakarta dan bus DPRD DKI Jakarta.

BACA JUGA: Putar Otak Supaya Trotoar Kebon Sirih Tak Dibikin Semrawut Pencari Suaka

Sedangkan, barang milik pencari suaka diangkut menggunakan truk Satpol PP DKI. Sejumlah bus pengangkut imigran WNA itu diberi nomor urut di depan kaca mobil. Hal itu memudahkan pihak pemerintah memindahkan mereka. Dan ada beberapa pegawai Pemprov DKI bertugas mencatat para pencari suaka yang akan dipindahkan. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH