Cegah Kanker Serviks Dengan Cara Ini Kandungan serat, vitamin dan nutrisi yang tinggi pada buah-buahan dapat mencegah penyakit kanker serviks (Foto: freeimages)

Kaum wanita sangatlah rentan untuk terkena penyakit kanker. Seperti kanker serviks, yang terjadi karena virus HPV atau biasa disebut di dunia medis dengan virus Human Papilloma. Penyakit yang menyerang leher rahim wanita ini juga dapat diderita karena pola hidup si wanita yang tidak baik.

Namun, wanita juga bisa bernapas lega. Dengan kemauan besar, kanker serviks dapat dicegah. Dokter Julianto Witjaksono, direktur Rumah Sakit Universitas Indonesia menuturkan, kanker serviks bisa dicegah melalui pola hidup sehat.

"Yang paling utama untuk mencegah penyakit ini dengan tidak merokok. Zat nikotin pada rokok bisa melemahkan daya tahan tubuh. Jika lemah, bisa memudahkan virus HPV untuk menyerang,". tutur nya kepada wartawan Merah Putih, (11/6).

Kemudian, Dokter Julianto menjelaskan pola makan yang baik juga harus dijaga. Dengan menghindari makanan yang tidak sehat, virus ini dapat dicegah.

"Makanan junk food harus dihindari. Lalu, makanan yang mengandung bahan pengawet dan makanan dengan kandungan karbon tinggi. Makanan yang dibakar hingga agak gosong juga sebaiknya dihindari," tambahnya.

Sebagai gantinya, Dokter Julianto menyarankan agar para wanita mulai mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi, serat dan vitamin, agar daya tahan tubuh menjadi kuat. Seperti sayuran dan buah-buahan yang memiliki banyak kandungan tersebut.

Selain itu, sejak dini kanker serviks juga bisa dicegah. Wanita bisa melakukan vaksin virus HPV pada usia 9-11 tahun di rumah sakit atau di bidan.

Baca juga artikel Minum 1 Liter Jus Wortel Setiap Hari Bisa Sembuhkan Kanker Usus Stadium 4


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH