Kesehatan

Cegah Infeksi pada Miss V, Sebelum Terlambat

P Suryo RP Suryo R - Senin, 22 Februari 2021
Cegah Infeksi pada Miss V, Sebelum Terlambat
Menjaga keseimbangan PH area intim agar terhindari dari infeksi. (Foto: Pixabay/silviarita)

MEMBICARAKAN penyakit pada organ reproduksi memang masih tabu hingga saat ini. Tapi kamu harus mulai memerhatikan kesehatannya demi keselamatan diri sendiri. Salah satu penyakit yang mematikan namun belum diperhatikan masyarakat adalah infeksi jamur pada vagina.

Infeksi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal serta perih pada vagina. Penyakit ini harus segera diobati agar tidak mengganggu keseimbangan fungsi reproduksi. Seperti yang dilansir dari healthline.com, infeksi bakteri bisa disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Biasanya infeksi vagina terjadi karena tidak menjaga kebersihan setiap hari dan bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan intim. Infeksi ini dimulai dari vulva yaitu bagian luar dari vagina, hingga menjalar ke leher rahim.

Baca Juga:

Waspada, Infeksi Jamur Mengintai di Musim Hujan


1. Tepat membersihkan area intim

miss
Area intim perlu dibersihkan dengan teknik yang tepat. (Foto: Pixabay/955169)


Hindari membasuh vagina hingga ke dalam leher rahim. Sebaiknya ketika mencuci area tersebut, cukup di bagian luarnya saja. Tidak perlu menggunakan sabun khusus karena hanya akan menimbulkan iritasi dan alergi. Vagina mampu membersihkan secara alami dan menjaga keseimbangan PH melalui lendir.

2. Hindari pakaian ketat

miss
Hindari menggunakan pakaian yang ketat. (Foto: Pixabay/Free-Photos)


Sebagian orang menggunakan celana ketat demi menunjang penampilan. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan infeksi vagina. Area intim perempuan membutuhkan ruang untuk bernapas. Apalagi PH di dalam vagina cukup tinggi dan dapat meningkatkan produksi bakteri. Jika dibiarkan terus menerus pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi.

Baca Juga:

Inovasi Biopsi Robotik Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Prostat

3. Tetap kering

miss
Area intim harus selalu kering. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)


Area vagina harus tetap kering. Maka gunakan pakaian yang sedikit longgar termasuk celana dalam. Menggunakan celana dalam yang terlalu ketat membuat kulit sekitar vagina tidak leluasa untuk bernapas. Pada akhirnya keringat akan berkumpul di celana dalam yang ketat tanpa sempat mengering. Jamur mudah tumbuh di area kulit yang selalu lembap.


4. Pola diet sehat

miss
Segera lakukan pola diet sehat. (Foto: Pixabay/silviarita)


Bagi perempuan, sebaiknya mulai mengonsumsi makanan yang mampu menjaga keseimbangan PH pada vagina. Kurangi konsumsi gula dan makanan olahan karena dapat meningkatkan pertumbuhan jamur di dalam vagina. (mar)

Baca Juga:

Flavanol, Kandungan dalam Kakao yang Kabarnya Meningkatkan Daya Ingat

#Kesehatan #Miss V #Infeksi Saluran Kemih
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan