Hindari Delay Saat Liburan Tahun Baru Menggunakan Pesawat dengan Cara Ini Cegah pesawat delay dengan cara ini (Foto: Unsplash/Ashim D'Silva)

MENYERUPUT segelas lemon tea sambil menikmati pemandangan pantai Bali sudah tebersit di pikiranmu. Hari ini kamu sudah siap untuk bertolak menuju Bali dalam rangka liburan tahun baru.

Namun, setibanya di bandara, kamu malah menghadapi mimpi buruk setiap penumpang pesawat. Papan informasi penerbangan menginformasikan bahwa penerbangan kamu delay. Liburan tahun baru jadi urung kesampaian untuk sesaat.

Baca juga:

30 Maskapai Dunia yang Sering Delay, Milik Indonesia Ada Enggak Ya?

Menghadapi penerbangan delay memang menyebalkan. Masih untuk kalau penerbanganmu hanya tertunda beberapa jam. Soalnya ada juga maskapai penerbangan yang delay hingga lebih dari satu hari.

Penyebab delay beragam. Mulai dari kondisi cuaca buruk, hingga alasan keamanan lainnya. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menghindari delay. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak mengalami penundaan penerbangan.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan menurut laman Smarter Travel.

1. Periksa riwayat delay maskapai penerbangan

Cek riwayat kinerja waktu maskapai penerbanganmu (Foto: Unsplash/Burst)

Kamu harus pilih-pilih maskapai penerbangan kalau tidak mau delay. Cek dulu riwayat delay maskapai penerbangan yang ingin kamu gunakan. Bandingkan kinerja tepat waktu maskapai tersebut dengan maskapai lainnya. Kamu bisa mengandalkan situs penerbangan seperti Flight Aware dan Flight Stats untuk membandingkannya.

2. Pilih Penerbangan Awal

Pilih penerbangan pagi (Foto: Unsplash/Suhyeon Choi)

Memilih penerbangan awal atau lebih pagi memiliki keuntungan. Penerbangan awal biasanya jarang delay. Mereka akan terbang tepat waktu karena waktu keberangkatannya memang pagi sekali yang tentunya mata kamu masih sayup. Jadi lebih niat lagi ya datang ke bandara lebih awal.

Baca juga:

'Nonstop Flight' dan 'Direct Flight', ini Bedanya

3. Pilih nonstop flight

Nonstop flight tidak mengisi bahan bakar (Foto: Unsplash/Ethan McArthur)

Kamu memang harus modal kalau mau berlibur enak. Biaya nonstop flight memang lebih mahal, tapi worth it kok. Soalnya nonstop flight jarang delay. Peluang terbang tepat waktu menggunakan nonstop flight lebih besar dikarenakan pesawat akan terbang langsung menuju bandara tujuan tanpa mengisi bahan bakar (Avtur).

4. Pertimbangkan untuk memesan kamar hotel

Pesan kamar hotel sebagai cara terakhir (Foto: Unsplash/Rhema Kallianpur)

Ini jalan terakhir kalau kamu memang harus menghadapi delay. Jangan lupa booking kamar hotel setelah memesan tiket penerbangan. Jangan khawatir jika pesawat kamu tidak jadi delay, kamu tidak akan diminta bayar kok oleh pihak hotel karena batal menginap. Beberapa hotel tidak akan menagih biaya pemesanan kamar hotel sebelum kamu benar-benar mengkonfirmasi di meja resepsionis. (ikh)

Baca juga:

Tipe Penumpang Pesawat Mengesalkan yang Kamu Temui di Bandara, Sabar Ya

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH