Cegah Dehidrasi Saat Mudik, Makanan dan Minuman Ini Solusinya Sup dapat membantu badan terhidrasi (Foto: Pixabay/cegoh)

KETIKA menempuh perjalanan jauh saat mudik, so pasti kamu membutuhkan tenaga ekstra. Selain itu ditengah perjalanan yang memakan waktu berjam-jam, tubuh dapat mengalami dehidrasi. Apabila tidak segera diatasi, dehidrasi akan sangat membayakan kesehatan kamu.

Apalagi jika kamu mudik dalam kondisi puasa. Kamu harus betul-betul memperhatikan asupan makanan dan cairan kamu.

Berikut adalah makanan dan minuman untuk mencegah kamu dehidrasi saat mudik dalam kondisi puasa.

1. Air Kelapa Muda

Air kelapa membuat tubuh terhidrasi. (Foto: Pixabay/gadini)

Khasiat air kelapa muda memang sangat luar biasa. Air kelapa mengandung zat yang membuat tubuh terhidrasi. Karena air kelapa memiliki kandungan elektrolit, magnesium, kalsium, sodium dan potasium yang cenderung lebih tinggi ketimbang air putih biasa. Jadi minumlah air kelapa saat sahur ataupun berbuka agar kamu mendapatkan nutrisi yang cukup.

2. Sup

(foto: Pixabay/RitaE)

Pada saat sahur sebelum kamu melakukan perjalanan mudik, sebaiknya memilih sup sebagai menu sahur. Seperti halnya sup yang dibuat dari campuran kaldu ayam serta sayuran. Dengan kandungan nutrisi, cairan, vitamin dan mineral dalam sup tersebut, akan membantu kamu terhindar dari dehidrasi.

3. Buah-Buahan

(foto: Pixabay/congerdesign)

Buah-buahan segar dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa atau sebagai pencuci mulut ketika sahur. Pilihlah buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka, melon, apel atau pir. Buah-buah tersebut memberikan pasokan air yang cukup dalam tubuh kamu. Tentunya akan menjagamu tetap terhidrasi untuk waktu yang lama.

4. Sayuran

(Foto: Pixabay/sponchia)

Untuk menu sahur dan buka kamu, perbanyak sayuran hijau seperti halnya brokoli, daun selada dan juga mentimun. Karena, kandungan air dan nutrisi dalam sayuran dapat membantu kamu memasok kebutuhan cairan tubuh serta mencegah dehidrasi. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Cantiknya Para Mantan Anggota Girlband Ini Ketika Berhijab

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH