Cegah COVID-19, KPAI Ingatkan Orang Tua Jaga Ketat Anak-anak Saat Libur Idul Adha

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 30 Juli 2020
Cegah COVID-19, KPAI Ingatkan Orang Tua Jaga Ketat Anak-anak Saat Libur Idul Adha
Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak Jasra Putra. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta orangtua menjaga anak-anaknya dengan ketat selama libur Lebaran Idul Adha yang jatuh pada Jumat (31/7).

Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak Jasra Putra mengatakan, Idul Adha kali ini akan dimanfaatkan masyarakat pulang kampung walau angka COVID-19 makin tinggi.

Baca Juga

RS Darurat Wisma Atlet Rawat 1.539 Orang Positif COVID-19

"Tidak seperti saat pandemi pertama muncul saat Idul Fitri banyak yang tidak pulang kampung. Saat ini, angka COVID-19 masih tinggi, artinya anak-anak terancam sehingga orangtua perlu ekstra ketat menjaga anak-anaknya selama liburan," ujar Jasra kepada wartawan, Rabu (29/7).

Ia mengatakan, sejauh ini KPAI telah menemukan banyak anak terpapar COVID-19 karena tertular dari keluarganya. Bahkan, kata dia, berdasarkan data satuan tugas penanganan COVID-19 per 19 Juli 2020, ada 62 orang anak yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Dalam rangka melindungi anak-anak di masa liburan Idul Adha, pihaknya pun meminta ada pembatasan di beberapa sarana umum seperti transportasi dan tempat wisata. Termasuk pengetatan protokol kesehatan

Jasra Putra

Pasalnya, lokasi seperti tempat wisata akan dimanfaatkan masyarakat yang selama ini mengalami jenuh karena banyak berdiam diri di rumah selama pandemi.

"Berbagai sosialisasi demi kenyamanan selama menggunakan fasilitas di sampaikan sejak awal. Misalnya penyedia layanan mensyaratkan pengunjung daftar dulu sebelum ke lokasi dan syarat ketat," ujarnya

Selain itu, ia pun berharap ibadah selama Idul Adha juga diharapkan tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19. Menurutnya, pemerintah memiliki peranan untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi.

Baca Juga

Update COVID-19 Nasional Rabu (29/7): Pasien Positif Bertambah 2.381 Kasus

"Agar masyarakat terutama kelompok rentan seperti anak, lansia, dan perempuan dapat terlindungi selama liburan," ucap dia.

Untuk diketahui, pemerintah mengumumkan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1441 Hijriah jatuh pada Jumat (31/7). (Knu)

#KPAI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan