Cegah Buruh Asing, KSPI: Pemerintah Harus Tegas

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 06 September 2015
Cegah Buruh Asing, KSPI: Pemerintah Harus Tegas
Sebagian buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sedang demonstrasi (ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna)

MerahPutih Nasional - Maraknya buruh asing masuk ke Indonesia, mendapat tanggapan beragam dari sebagian kalangan.Tanggapan keras justru muncul dari serikat pekerja domestik.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan masuknya pekerja asing yang sebagian besar berasal dari Cina, akan menimbulkan persoalan baru bagi dunia kerja dalam negeri. Sebab, mereka tidak hanya bekerja di sektor tertentu namun, disegala bidang, sampai tukang batu.

Apa jadinya, kalau pekerja asing sudah menguasai seluruh sektor pekerjaan. Untuk itu, pemerintah harus tegas mencegah hal itu.

"Pemerintah harus tegas mencegah pekerja asing masuk Indonesia, jangan mengatakan hanya untuk sekian persen, tapi harus tegas," kata Said, di Cikini Jakarta Pusat, Minggu, (6/9).

Said mengatakan pemerintah seharusnya belajar dari sejarah masa lalu. Sebab Pekerja Cina yang masuk indonesia berani bermukim dan menetap di tanah air. Berbeda dengan pekerja dari Amerika.

"Bisa jadi pekerja Cina yang masuk Indonesia adalah mata-mata, mereka berani bermukim, dan bisa jadi mereka bakal menguasai sektor pekerjaan."

Senada dengan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Farouk Muhammad. Dia mengatakan pernah menggelar pertemuan dengan salah satu pejabat Cina, dalam pertemuan itu Farouk mengatakan silahkan jika anda ingin berinvestasi di Indonesia, tapi pekerjanya orang indonesia.

Jika ingin mendidik pekerja Indonesia di Cina silahkan, Tapi jangan mengirim pekerja Cina ke Indonesia.(fdi)

 

Baca Juga:

PHK Massal Marak, Pengamat: Nawacita Jadi Nawasiksa

Cegah PHK Massal, Pemerintah Jangan Anti Subsidi

PHK Massal, Buruh Ancam Mogok Nasional

 

#Ancaman PHK Massal #DPD RI #Farouk Muhammad #Said Iqbal #Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan