Cegah Bom Waktu PHK, PAN Perjuangkan Subsidi Gaji Untuk Karyawan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Sektor tenaga kerja terkena dampak dari Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan. Data dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyebut 2,8 juta pekerja terkena PHK imbas dari lumpuhnya sektor ekonomi.

Untuk mencegah bom waktu PHK, Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan agar pemerintah mempertimbangkan pemberian subsidi gaji (income support) bagi sektor-sektor ekonomi yang sangat terpukul akibat pandemi ini.

Baca Juga:

Ekonom Muda INDEF Kritik Materi Pelatihan Kartu Pra Kerja

"Subsidi gaji untuk karyawan ini diberikan kepada perusahaan dengan syarat tidak melakukan PHK," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam sambutan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I DPP PAN yang dilaksanakan melalui Video Conference, Selasa (5/5).

PAN minta pemerintah cegah bom waktu PHK akibat pandemi Covid-19
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Foto: @Official_PAN

Zulhas menjelaskan, jaring pengaman dalam bentuk sokongan gaji bulanan dengan jumlah dan jangka waktu tertentu ini akan sangat membantu mereka mempertahankan, paling tidak sebagian besar karyawannya.

"Sementara bagi saudara-saudara kita yang sudah terkena PHK, termasuk para pekerja migran, negara perlu hadir untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka," ujar Wakil Ketua MPR ini.

"Kita wajib mencegah terjadinya gelombang PHK yang lebih besar ke depannya dan PAN siap memberikan kontribusi pemikiran yang praktis dan aplikatif agar pekerja kita tetap memiliki mata pencaharian," tambahnya.

Baca Juga:

Pemkot Solo Gratiskan Retribusi Pedagang Pasar Tradisional Selama Empat Bulan

Dalam ikhtiar bersama untuk menangani wabah Corona ini, Zulhas menginstruksikan segenap pengurus dan kader PAN untuk bekerja ekstra keras dan mendedikasikan dirinya untuk kepentingan masyarakat.

"Khususnya berjuang untuk masyarakat yang tidak dapat memperjuangkan dirinya dan membantu mereka yang kekurangan agar berhak mendapatkan kehidupan yang lebih layak, serta masa depan yang baik," tutup Zulhas.(Pon)

Baca Juga:

Pasien Sembuh COVID-19 Menjadi 1.954, Sebanyak 18 Provinsi Tak Laporkan Kasus Baru

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH