CdM Lexy Yakin Setelah Lebaran Mental Atlet Makin Maksimal

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 21 April 2023
CdM Lexy Yakin Setelah Lebaran Mental Atlet Makin Maksimal
Chef de Mission (CdM) SEA Games 2023 Kamboja Lexyndo Hakim (Tengah). (Foto: ANTARA/HO/NOC Indonesia/Rifqy Priyadiansyah)

MerahPutih.com - Persiapan atlet Indonesia untuk SEA Games 2023 yang bergulir pada 5-17 Mei bertepatan dengan bulan Ramadan dan Lebaran. Bahkan, banyak atlet harus rela menjalankan ibadah puasa dan momen Idul Fitri jauh dari keluarga.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim, mengimbau kepada seluruh atlet Merah Putih untuk menjaga kondisi saat Hari Raya Idul Fitri 1444 H sesuai anjuran tim pelatih.

Baca Juga:

Jelang SEA Games Kamboja, Timnas Valorant Ikut Training Camp di Korea

Ia menegaskan, pihaknya memperhatikan para atlet tetap menjalankan latihan dengan konsisten pada bulan suci Ramadan.

"Ramadan telah menjadi momentum menempa mental dan fisik para atlet. Kami juga mengimbau para atlet untuk menjaga kondisi saat Lebaran demi peak performance mereka terjaga sampai di SEA Games nanti," ucap Lexy.

Ia menegaskan, semua ini dilakukan demi hasil maksimal pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut. Apalagi, Kontingen Indonesia ditargetkan mempertahankan prestasi sebelumnya dengan menempati peringkat ketiga pada klasemen akhir perolehan medali.

Lexy berpesan kepada atlet untuk memanfaatkan momentum Lebaran dengan meminta restu dan doa orang tua agar dapat berprestasi di SEA Games Kamboja. Sebab, restu dan doa dari orang tua akan menambah mental mereka sebelum tempur di arena pertandingan.

"Jika ada yang sempat pulang ke rumah disela-sela pelatnas, jangan lupa meminta doa restu kepada orang tua dan keluarga. Doa dan semangat dari keluarga juga menurut saya menjadi stimulus untuk keberhasilan SEA Games Kamboja nanti," kata Lexy.

Ia yakin, akumulasi kekuatan fisik dan mental yang prima setelah Ramadan dan Lebaran akan memastikan atlet mendapatkan hasil maksimal di SEA Games.

Pada SEA Games 2023 Kamboja, Indonesia menurunkan 599 atlet dari 31 cabang olahraga. Dengan jumlah tersebut diharapkan Indonesia dapat meraih 60 medali emas untuk mempertahankan posisi tiga besar.

Dibandingkan dengan SEA Games sebelumnya XXXI/2021 yang bergulir di Vietnam, tahun lalu, jumlah Kontingen Merah Putih meningkat.

Ketika itu Indonesia mengirim 499 atlet dan menempati peringkat ketiga klasemen medali terbanyak SEA Games Vietnam dengan mengemas 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Posisi pertama adalah tuan rumah Vietnam dengan 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Thailand di urutan kedua dengan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Baca Juga:

Tim Jetski Indonesia Optimistis Raih 3 Medali Emas di SEA Games 2023

#SEA Games
Bagikan
Bagikan