CdM Lexy Bangga atas Pencapaian Siman dan Masniari Wolf Sumbang Emas dan Pecahkan Rekor

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 08 Mei 2023
CdM Lexy Bangga atas Pencapaian Siman dan Masniari Wolf Sumbang Emas dan Pecahkan Rekor
Selebrasi I Gede Siman Sudartawa (NOC Indonesia/Iqbal Fauzi)

MerahPutih.com - Dua perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa dan Masniari Wolf berhasil menyumbangkan emas di SEA Games 2023. Prestasi itu dilengkapi dengan pemecahan rekor.

Dalam pertandingan final nomor 50 meter gaya punggung putra yang dilangsungkan di Morodok Techo Aquatic Centre, Minggu (7/5), Siman finis di posisi pertama dengan catatan waktu 25,16 detik, mengalahkan Jerard Dominic Jacinto (Filipina) 25.56 detik dan Quah Zeng Wen (Singapura) 25,61 detik.

Ini medali emas Siman keempat di 50 meter gaya punggung SEA Games, setelah sebelumnya meraih emas tahun 2011, 2017, dan 2019.

Baca Juga:

Jadwal Tim Indonesia di SEA Games 2023 Hari Ini: Voli Putra Berpotensi Emas

Momen haru pun terjadi usai pengalungan medali. Siman tak bisa menyembunyikan air matanya keluar ketika dipeluk pelatih Albert Sutanto.

"Ya sangat senang setelah melalui proses perjuangan yang panjang. Karena masuk pelatnas hanya persiapan dua bulan, dan bisa membuktikan dapat medali emas," ujar Siman, seperti dikutip Bolaskor.com.

"Siman memang kita target untuk raih medali emas. Masih jadi yang terbaik di nomornya," ucap Albert.

Masniari Wolf (prsi)
Masniari Wolf (prsi)

Medali emas lainnya disumbang Masniari Wolf yang juga mencetak sejarah back to back atau mempertahankan medali emas nomor 50 meter gaya punggung putri. Di final, Masniari yang keturunan Jerman-Batak mencatat waktu tercepat 28,89 detik. Ini jadi rekor SEA Games dan juga rekor nasional.

Rekor SEA Games sebelumnya 28,90 detik milik Tao Li (Singapura) tahun 2015. Sedangkan rekornas atas namanya sendiri 29.21 detik yang dibuatnya pada SEA Games 2022 Vietnam.

"Tidak menyangka juga bisa cetak rekor SEA Games. Hanya berenang cepat saja dan bisa dapat medali emas," ucap Masniari yang disaksikan langsung ibundanya dari tribun penonton.

Baca Juga:

Manik Trisna Raih Emas Kedua, CdM Lexy Kalungkan Medali Pakai Pakaian Adat Khas NTT

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim, mengucapkan selamat atas keberhasilan Siman dan Masniari meraih emas bagi renang. Dia pun sangat bangga dengan pencapaian Siman dan Masniari.

"Mewakili masyarakat Indonesia, saya mengucapkan selamat atas keberhasilan meraih medali emas dan terima kasih telah mengibarkan bendera Indonesia di Kamboja. Kami dengan bangga dan haru bisa menyanyikan Indonesia Raya bersama di sini," ujar CdM yang akrab disapa Lexy tersebut.

Lebih lanjut, CdM Lexy meminta kepada Siman dan Masniari untuk tidak cepat puas. Dia berharap, emas SEA Games 2023 Kamboja yang diraih Siman dan Masniari dapat menjadi batu loncatan jelang Asian Games Hangzhou dan Olimpiade Paris.

"Saya harap pencapaian ini jangan membuat kalian cepat puas. Jadikan medali emas di SEA Games ini sebagai batu loncatan perjuangan buat dapat medali lagi di Asian Games di Hangzhou dan tiket ke Paris 2024," tutur Lexy.

Di sisi lain, Lexy juga berharap PB PRSI pimpinan Anindya Bakrie dapat melanjutkan pembinaan secara terukur agar renang Indonesia dapat mendominasi di Asia Tenggara.

"Kita hidupkan lagi kejayaan renang Indonesia. Ada Pak Anindya Bakrie yang siap bantu supaya beberapa tahun ke depan kita bisa menunjukkan dominasi di Asia Tenggara khususnya," tutur Lexy. (Laporan langsung wartawan Bolaskor.com Rizqi Ariandi dari Kamboja)

Baca Juga:

Tim Pencak Silat Indonesia Sumbang 2 Medali Emas dan 1 Perak di Ajang SEA Games 2023

#SEA Games #SEA Games 2023
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan