CDC Imbau Warga AS Tidak Bepergian saat Hari Thanksgiving

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 20 November 2020
CDC Imbau Warga AS Tidak Bepergian saat Hari Thanksgiving
Thanksgiving menjadi momen berkumpulnya keluarga. (Foto: Hotel Playa Mazatlan)

HARI Thanksgiving merupakan hari libur di Amerika Utara. Perayaan pada 26 November ini sebagai bentuk rasa syukur di akhir musim panen.

Namun Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mengimbau agar warga AS tidak bepergian selama liburan Thanksgiving.

Melansir The Verge, CDC mengingatkan peningkatan pesat kasus COVID-19 dan rawat inap di seluruh negeri. Disarankan agar merayakan Thanksgiving di rumah saja bersama keluarga.

Baca juga:

CDC Hapus Panduan COVID-19 Menular Lewat Udara

CDC Imbau Warga AS Tidak Bepergian saat Hari Pengucapan Syukur
Kasus COVID-19 di AS masih tinggi. (Foto: The Verge)


“Kita semua perlu mempertimbangkan cara teraman untuk merayakan liburan ini di tengah fase kritis pandemi COVID-19 ini,” lanjutnya.

AS mengalami rata-rata lebih dari 160 ribu kasus COVID-19 per hari dan sebagian besar menyebar ke negara bagian. Pemerintah AS melihat lonjakan kasus setelah Hari Peringatan dan liburan Hari Buruh. Mereka pun mengkhawatirkan Thanksgiving menimbulkan kasus yang lebih besar.

Perayaan Thanksgiving biasanya terjadi di dalam ruangan yang menyebabkan virus menyebar lebih mudah. Ditambah perayaan ini akan menghadirkan beberapa generasi, termasuk orang dewasa yang berisiko tinggi terkena COVID-19. Ada juga virus yang menyebar di sebagian besar tempat di AS selama liburan musim panas.

Baca juga:

Tetap Sane dan Healthy, Rayakan Halloween Sesuai Panduan CDC

CDC juga merilis pedoman baru untuk liburan saat Thanksgiving yang mengatakan bahwa tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk tetap aman.

“Kami mengimbau warga agar tidak berkumpul dengan siapa pun yang berbeda tempat tinggal, setidaknya selama 14 hari, yakni masa inkubasi COVID-19,” ujar pihak CDC.

CDC Imbau Warga AS Tidak Bepergian saat Hari Pengucapan Syukur
Sebaiknya berkumpul dengan keluarga masing-masing di rumah. (Foto: Al Jazeera)

“Harus mempertimbangkan untuk membuat rencana lain, seperti mengadakan pertemuan virtual atau menunda perjalanan,” bunyi pedoman tersebut.

Proses untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain juga menyangkut CDC.

“Yang kami khawatirkan bukan hanya kode perjalanan yang sebenarnya, baik itu pesawat, bus, atau mobil, melainkan juga pusat transportasinya. Ketika orang-orang mengantre dan menunggu untuk naik bus atau naik pesawat, mereka cenderung berkumpul bersama,” kata Walke.

Pedoman yang dikeluarkan CDC juga mendorong warganya untuk berbelanja secara daring dan menjaga jarak dengan orang lain. (and)

Baca juga:

Prosedur Pembersihan Aman Menurut CDC

#COVID-19 #Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan