Cawapres Mengerucut 5 Nama, Jokowi Bocorkan Latar Belakang Mereka Presiden Jokowi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

MerahPutih.com - Kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang bakal mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 telah mengerucut dari 10 nama menjadi 5 orang. Bahkan, Jokowi sendiri sempat membocorkan latar belakang lima nama cawapres yang sudah dikantonginya itu.

"Bisa partai, bisa nonpartai, bisa profesional, bisa sipil, bisa (purnawirawan) TNI-Polri. Semuanya bisa," kata Jokowi menjelaskan latar belakang bakal calon wapres pilihannya di Istana Negara, kemarin, dilansir dari Antara, Kamis (12/7).

Namun, Jokowi lagi-lagi masih enggan menjelaskan siapa saja kelima nama itu. Presiden berkilah sedang dalam proses penggodokan melibatkan seluruh partai pendukung, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Nasdem, dan Hanura.

"Penggodokan itu kita harus berbicara dengan banyak partai yang telah memberikan dukungan kepada kita,” imbuh mantan Gubenur DKI Jakarta itu.

Jokowi mega
Presiden Joko Widodo kembali menggelar pertemuan dengan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/7) malam. Foto: PDI Perjuangan

Jokowi hanya berani memastikan nama cawapres yang terpilih dari 5 nama itu bakal diumumkan ke publik di saat yang tepat. Untuk itu, publik diminta bersabar menunggu waktu pengumuman cawapres pada pekan depan. “Mbok sabar dulu. Kan paling tinggal seminggu, dua minggu, atau tiga minggu lagi," tandas Kepala Negara.

Untuk diketahui, KPU telah membuka pendaftaran calon legislatif untuk anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten-kota dibuka sejak 4 hingga 17 Juli 2018. Adapun, pendaftaran pemilihan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019 mulai dibuka dari 4 hingga 10 Agustus 2018. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH