Cawapres Ideal untuk Jokowi Berdasarkan Rekomendasi Pengamat Direktur Eksekutif Developing Countries Studies Center (DCSC), Zaenal A Budiyono (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Direktur Eksekutif Developing Countries Studies Center (DCSC), Zaenal A Budiyono menyarankan, Joko Widodo menggandeng calon wakil presiden dari kalangan profesional yang memiliki latar belakang ekonomi.

"Problem yang dihadapi sekarang adalah ekonomi. Maka menurut saya pakar-pakar atau pengusaha yang di bidang ekonomi itu layak dipertimbangkan (jadi cawapres) karena paham tentang ekonomi," kata Zainal dalam diskusi di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (10/7).

Menurut Zaenal, mantan menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan mantan Menteri perekonomian Chairul Tanjung (CT) layak dipertimbangkan oleh Jokowi.

"Rizal Ramli, Sri Mulyani, CT. Tinggal Pak Jokowi mau pilih yang mana mahzab Sri Mulyani atau mahzab Rizal Ramli," ucap dia.

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani disebut layak jadi salah satu kandidat cawapres Jokowi (MP/Rizki Fitrianto)

Berdasarkan hasil riset sejumlah lembaga survei, elektabilitas Jokowi masih di bawah 50 persen. Namun, kata Zainal, jika Jokowi berhasil mengelaborasi isu ekonomi yang mampu menjawab persoalan rakyat, maka elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu diyakini akan meroket.

"Tetapi saya yakin tokoh sekelas Sri Mulyani dan Rizal Ramli memiliki banyak pendukung terutama di kalangan kelas menengah yang paham ekonomi. Problem utama yang dihadapi masyarakat saat ini kan kalau harga naik dan dollar naik," ungkap Zainal.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar ini meyakini Jokowi sudah mengantongi nama-nama cawapres dari kalangan profesional. Kendati demikian, kader PDI Perjuangan itu masih bimbang karena mesti melobi elit parpol pendukungnya.

"Kenapa tidak diumumkan? Ya karena masih galau memilih itu. Okelah muncul nama Mahfud MD, CT, Sri Mulyani. Menurut saya itu juga belum fix. Karena pak Jokowi juga harus ngomong bukan hanya dengan bu Mega (Ketum PDIP) tapi juga dengan partai yang lain. Kalau forum dengan partai lain resmi dibuka saya pikir akan terjadi perdebatan juga," pungkas Zaenal.(Pon)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pengamat Jagokan Koalisi Umat Jadi Lawan Tangguh Jokowi di Pilres 2019

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH