Catat yang Jebol Bukan Tanggul Baswedan, Kata Walkot Jaksel Ilustrasi Banjir FOTO: BPBD DKI

MerahPutih.com - Wali Kota Jakarta Selatan (Walkot Jaksel) Marullah Matali menegaskan penahan Kali Pulo, Jatipadang, yang jebol Minggu (13/1) malam, bukan Tanggul Baswedan.

"Ada satu catatan, yang jebol tanggul buatan warga, bukan Tanggul Baswedan," kata Marullah saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (15/1).

Menurut Walkot, penahan yang jebol itu jaraknya sekitar 75 meter dari Tanggul Baswedan. "Penahan yang jebol tidak terlalu jauh, jaraknya 75 meter (dari Tanggul Baswedan)," kata Marullah.

Walikota Jaksel Marullah (Foto: Mina News)
Walikota Jaksel Marullah (Foto: Mina News)

Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan sementara ini memasang "crucuk" (struktur tiang-tiang kayu dolken) dan menimbun karung-karung pasir sebagai pengganti sementara tanggul yang jebol itu.

Walau demikian, sejak Selasa pagi, sekitar enam personel dari Suku Dinas SDA Jakarta Selatan telah memulai pembangunan turap atau dinding penahan air dan struktur tanah sebagai pengganti "crucuk" yang sementara menahan air Kali Pulo.

Marullah menyampaikan, pembangunannya mulai berjalan dan sekitar 2-3 minggu proses penurapan akan selesai. Namun, jika hujan turun, maka pengerjaan turap diberhentikan sementara.

Dilaporkan Antara, Tanggul Kali Pulo sempat jebol pada Minggu malam merendam RT 003 dan RT 004 di RW 006 Kelurahan Jatipadang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Air mulai merendam permukiman warga pada pukul 18.30 WIB dan beberapa jam setelahnya 20 personel dari Sudin SDA Jakarta Selatan bersama anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Jatipadang dan jajara TNI terjun ke lokasi membuat penahan sementara.

Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

Banjir surut pada pukul 05.10 WIB, Senin (14/1). Tanggul di Kali Pulo sebelumnya sempat jebol pada 2017. Untuk mengatasi masalah itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan sempat berencana memperkuat tanggul dan memperlebar Kali Pulo. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH