Catat, Jalur Wisata Kaliurang Dialihkan hingga Tahun Depan Perempatan Kentungan acap kali macet karena padatnya kendaraan.(Foto: MP/Theresa Ika)

JALUR menuju lokasi wisata Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, akan dialihkan selama setahun. Pengalihan arus dilakukan karena adanya pembangunan terowongan (underpass) di perempatan Kentungan di Jalan Kaliurang Km 5.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto mengatakan pengalihan arus akan dilakukan mulai 14 Januari 2019 hingga 31 Desember 2019.

Wadirlantas Polda DIY AKBP P Yugonarko menjelaskan Dinas Perhubungan dan Kepolisian DIY telah menyiapkan tiga rute pengalihan arus.

1. Zona I: dialihkan ke jalan lingkar timur

Pengalihan lalu lintas kaliurang
Pengalihan zona I kawasan Kaliurang. (Foto: MP/Theresa Ika)

Untuk zona pertama, seluruh kendaraan dari arah timur, yakni Jalan Solo,yang hendak menuju kawasan Kaliurang, akan dialihkan ke jalan lingkar timur di daerah Janti.

Pengendara akan memutari jalan lingkar selatan dan jalan lingkar barat. Pada simpang Klangon, lalu lintas akan diarahkan ke jalur Magelang- Muntilan. Lalu masuk ke jalur alternatif Tempel-Turi-Kaliurang.

"Kendaraan dari arah barat atau wilayah Purwerejo, Jawa Tengah, akan diarahkan ke jalan lingkarbarat kemudian jalan lingkar selatan dan jalan lingkar timur. Setelah itu, kendaraan di di wilayah Janti akan diarahkan ke Jalan Solo," jelas Yugo di Yogyakarta, Selasa (8/1).

2. Zona II: pengalihan di dalam Kota Yogyakarta

Pengalihan lalu lintas kaliurang
Alur lalu lintas di zona II. (Foto: MP/Theresa Ika)

Zona kedua diperuntukkan warga yang melintas di dalam Kota Yogyakarta. Pada zona ini, kendaraan dari Magelang yang hendak menuju tempat wisata Kaliurang bisa melewati Jalan Gito-Gati dari perempatan Taman Dengung. Setelah itu, pengendara bisa mengarah ke Jalan Palagan lalu Jalan Damai atau Jalan Kapten Haryadi.

Sementara itu, yang dari arah Magelang yang hendak ke Solo bisa melewati jalur alternatif Jalan Turi- Pakem. Alternatif lain, pengendara akan dialihkan melewati simpang Gandok di Jalan Kaliurang Km 9.

3. Zona III: pengaturan bagi warga sekitar proyek

Pengalihan lalu lintas kaliurang
Pengalihan arus lalu lintas di zona III.(foto: MP/Theresa Ika)

Sementara itu pengalihan arus di zona 3 dilakukan untuk warga yang tinggal di sekitar proyek. Masyarkat bisa melewati jalan-jalan kampung atau dalam kompleks untuk bisa pergi dari barat ke timur dan sebaliknya dan dari utara ke selatan. “Misalnya bisa melewati Jalan Timor-Timur, Jalan Kentungan, Jalan Palagan, Jalan Gejayan, jalan di kawasan Pogung Low, Pelemburan, dan Kompleks Korem 072/ Pamungkas, Kentungan.

4. Proyek terowongan untuk atasi kemacetan

Traffic
Terowongan untuk mengurangi kemacetan.(Foto:pixabay/free-photos)

Lalu lintas yang padat di lokasi pembangunan terowongan memang terbilang padat. Kemacetan bahkan sudah menjadi rutinitas di sana.

Hal itu disebabkan posisi perempatan tersebut di tempat yang strategis. Jalur itu menghubungkan antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, serta Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Selain itu, persimpangan Kentungan juga merupakan jalur utama menuju lokasi kawasan wisata Kaliurang.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH