Catat! Ini Lokasi Stasiun MRT yang Akan Dibangun Perpustakaan Suasana di stasiun MRT Jakarta. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - PT MRT Jakarta akan membangun Perpustakaan atau book corner di sejumlah stasium kereta cepat Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Langkah ini dilakukan guna menindaklanjuti perintah Gubernur Anies.

Stasiun yang dimungkinkan untuk dibangun ruang perpustakaan di antaranya Stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas, Blok M, Fatmawati, dan Lebak Bulus.

Baca Juga:

Sejarah Panjang MRT di Negara-negara Lain Sejak 1863

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar mengatakan, stasiun yang dipilih Pemprov DKI Jakarta untuk mendirikan book corner karena memiliki ruangan yang cukup luas.

Mencoba moda transportasi baru, MRT Jakarta (Foto: MP/Rizki Fitrianto)
Mencoba moda transportasi baru, MRT Jakarta (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Alasan William, tak membangun book corner di seluruh stasiun lantaran ada beberapa stasiun MRT yang terkendala luas ruangan. Namun William tak membeberkan kapan kebijakan itu akan berlaku.

"MRT Jakarta mendorong penumpang untuk membiasakan membaca buku di waktu luangnya. Ada book corner di beberapa stasiun yang memungkinkan didirikan rak buku sehingga orang bisa mengambil buku dan mengembalikan di stasiun tujuan," kata William saat dikonfirmasi, Kamis (5/9).

Mekanisme peminjaman buku yang tersedia di book corner, lanjut dia, dikembalikan pada saat penumpang turun di stasiun tujuan dan buku yang dipinjam ditata kembali di tempat semula.

Terlebih dia mengajak warga Jakarta dalam rangka memperingati Hari Aksara Nasional yang jatuh pada Minggu 8 September mendatang untuk bersama-sama untuk melakukan gerakan membaca buku di stasiun MRT.

Baca Juga:

MRT Jakarta Alami Masalah, Ini Hasil Evaluasi PT MRT

"Bagi masyarakat yang tertarik untuk mendonasikan buku juga kami sudah menyiapkan tempat untuk menampung hasil buku sumbangsih masyarakat," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan, untuk stasiun kereta MRT lain yang tak dibangun book corner bisa dibuat digitalisasi buku. Nantinya program itu dikoordinasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta.

"Untuk stasiun lain bisa dibuat digitalisasi buku," tutur Tuhiyat.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pihaknya bakal menyediakan perpustakaan di stasiun MRT Jakarta. Keinginan itu untuk meningkatkan budaya baca masyrakat. "Jadi setiap stasiun MRT nanti akan ada perpustakaan," kata Anies di JCC, Jakarta, Rabu (4/9). (Asp)

Baca Juga:

Mau Coba Naik MRT Gratis, Silakan Daftar Hari Ini

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH