Catat! Ini Cara Mempertahankan Gairah Percintaan dalam Hubungan Jangka Panjang Pentingnya gairah dalam berhubungan seks (Foto: Pexels/Snapwire)

KETIKA usia pernikahan kamu sudah berlangsung lama. Percintaan bukanlah lagi menjadi kegiatan menyenangkan. Kebosanan mulai melanda. Intensitasnya bisa berkurang dalam seminggu. Bisa jadi kamu berdua sama-sama menghindarinya.

Namun, kamu enggak perlu khawatir. Sains membuktikan bagaimana cara menghidupkan hubungan itu kembali panas. Melansir Mirror, peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia, mengatakan gairah mengalahkan cinta dalam hubungan seks.

Dalam studi tersebut, tim mensurvei 92 pasangan dalam hubungan jangka panjang tentang kehidupan seks mereka. Para peserta ditanyai sejumlah pertanyaan, termasuk seberapa bahagia mereka dalam hubungan seks.

Tingkat libido setiap orang berbeda-beda (Foto: Pexels/Tan Danh)

Kemudian peneliti juga menanyakan seberapa besar komitmen yang mereka rasakan terhadap pasangan mereka, seberapa intim mereka, hingga seberapa besar mereka saling percaya dan cinta.

Hasilnya menunjukkan bahwa gairah ialah kunci untuk mempertahankan percintaan dalam hubungan jangka panjang. "Gairah dalam hubungan sangat penting untuk frekuensi hubungan seksual," ujar Dr Trond Viggo Grøntvedt, penulis pertama studi.

Baca juga:

Makanan dan Minuman Ini Bikin 'Keras'

Tapi nyatanya, meningkatkan gairah enggak mudah ketika dipraktekan. Pakar asmara Hayley Quinn mengungkapkan bagaimana cara memercikan kembali gairah tersebut di atas ranjang.

Quinn mengatakan tingkat libido setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, ada pasangan yang cepat bosan dalam bercinta dan gairah mereka menurun. Tapi ada juga yang mudah mempertahankan gairah bercinta itu dalam waktu lama.

Quality time dapat membangkitkan gairah (Foto: Pexels/bruce mars)

"Jika Anda berada dalam situasi ini, apakah sudah beberapa minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, itu bisa berdampak negatif pada harga diri dan kesejahteraan Anda," ujar Quinn.

Penyabab libido yang berbeda ini bukan karena rasa ketertarikan. Tapi karena kondisi fisik maupun mental. Seperti tubuh yang sudah lelah, atau pikiran sedang stres. Libido pun jadi menurun, dan gairah berkurang.

Daripada fokus langsung pada menu utama, Quinn menyarankan agar pasangan memperbanyak foreplay. Untuk membangkitkan libido tersebut. "Berfokus pada bentuk-bentuk godaan yang lebih kecil, ini dapat membantu Anda untuk menangkap kembali perasaan senang di sekitar seks," jelas Quinn.

Lebih mudahnya lagi, menghidupkan percikan seks bisa dimulai dengan menghabiskan quality time berdua dengan pasangan. Entah dengan dinner atau sekadar nonton bioskop. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH