Catat! Ini Batas Aman Makanan Saat Berpuasa Perhatikan batas aman ketika makan. (Foto: recipethis)

UMUMNYA orang melakukan balas dendam pada saat berbuka puasa. Semua yang ada di depan mata hendak dilahap. Padahal justru balas dendam ini yang sangat berbahaya. Ada batas konsumsi makanan yang harus disadari oleh orang. Ini untuk menjaga kesehatan tubuh kamu juga.

Laman Go-Dok menuliskan, bahwa batas aman makanan yang dimaksud adalah konsumsi gula, garam dan lemak saat puasa. Seperti apa batas amannya? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Gula

gula
Perhatikan konsumsi gula. (Foto: kombuchahome)

Yang pertama yaitu soal batas aman konsumsi gula saat puasa. mengutip dari ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI, batas aman konsumsi gula per hari bagi orang dewasa yaitu sekitar 50 gram atau 4 sendok makan.

Contohnya kadar gula yang ada pada kolak, 100 gr kolak = 11,95 gr gula, kebutuhan harian per orang dewasa 50 gr maka didapat lebih kurang 400 gr kolak. Bila dilihat masih dalam batas kewajaran kebutuhan konsumsi gula seseorang saat memakan kolak. Mekipun demikian bukan berarti kamu lantas menghabiskan kolak itu. Sebab sumber gula lainnya kamu dapatkan dari sumber lainnya, seperti nasi.

Jika kamu tak memikirkan batas aman konsumsi gula. Banyak bahaya lainnya yang mengintai, seperti obesitas, diabetes, menurunnya fungsi organ hati, terganggunya kesehatan ginjal atau penyakit jantung.


Garam

soto ayam
Soto ayam. (Foto: instagram @licebeth83)

Sementara itu batas aman konsumsi garam bagi orang dewasa per harinya disarankan berkisar diangka 50 gr. Kemudian untuk batas aman asupan garam per hari bagi orang dewasa tak lebih dari 2000mg atau 5 gram yang setara dengan 1 sendok teh. Sebagai contoh, jika garam dikonversi pada soto ayam. Soto ayam/mangkok = 210 mg garam, sedangkan kebutuhan per hari 2000mg, maka didapat sekitar 9 mangkok soto ayam..

Padahal garam yang masuk ke dalam tubuh bukan hanya dari soto ayam saja kan? Sumber garam yang masuk ke tubuh itu banyak sekali seperti gorengan, minuman bersoda dan es krim. Terkadang kamu tidak sadar sudah melebihi batas aman yang dapat ditoleransi oleh tubuh.

Tentunya hal ini berisiko terhadap gangguan kesehatan tubuh kamu, Seperti penyakit jantung, hipertensi, pembengkakan jantung, resistensi cairan di dalam tubuh, memicu osteoporosis dan gangguan pada organ ginjal,


Lemak

ayam goreng
Ayam goreng. (Foto: royco)

Berdasarkan ketetapan dari Kementerian Kesehatan RI, batas aman konsumsi lemak per hari per orang dewasa sekitar 79 gr. Bila dikonversikan pada ayam goreng adalah: lemak ayam goreng per potong = 21,82 ge, bebutuhan lemak per hari = 78 gr, maka didapat sekitar ±3,5 potong ayam goreng

Kelebihan lemak dapat meningkatkan risiko terkena kanker, obesitas, rusaknya dinding arteri, terganggunya kerja serta fungsi saraf pusat, kolestrol tinggi dan sembelit. (ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH