Catat! Ini Aturan yang Benar Membawa Power Bank Saat Penerbangan Kenali aturan membawa power bank saat penerbangan (Foto: pixabay/jjur)

POWER Bank merupakan salah satu benda 'wajib' yang saat ini dibawa oleh masyarakat. Karena benda yang satu ini sangat diperlukan untuk pengisian ulang baterai ponsel.

Hal itu lantaran ponsel kini merupakan salah satu benda yang sangat penting bagi setiap orang. Dimana ponsel sangat penting digunakan untuk berkomunikasi, bekerja, hingga menjalani bisnis.

Baca Juga:

Tips Ampuh Memulai Usaha Jastip Sambil Traveling

Pada dasarnya, power bank bisa dibawa kemana saja tanpa ada aturan yang mengikat. Tapi keadaanya sedikit berbeda saat kamu membawa power bank ketika melakukan penerbangan.

Nah, bagi kamu yang memiliki keinginan untuk membawa power bank saat penerbangan, simak beberapa aturannya berikut ini seperti yang dilansir dari laman airpaz.

Aturan membawa power bank ini mencuat usai terjadi sebuah insiden power bank, yang meledak usai penerbangan di tahun 2018 silam.

1. Daya Power Bank Harus Sesuai Ketentuan

Kenali aturan daya maksimal power bank yang boleh dibawa ke pesawat (Foto: pixabay/satulo)

Power Bank yang kamu bawa harus, memiliki daya yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Power bank yang diizinkan untuk dibawa terbang ialah power bank yang tak memiliki daya melebihi 100 Wh. 100 Wh bisa disamakan powerbank berkapasitas 26.000 mAh.

Sementara jika daya powerbank ternyata lebih dari 100 Wh, namun masih berada dibawah 160 Wh, maka harus mendapatkan surat rekomendasi dari badan terkait. Oleh sebab itu perhatikan dengan benar seberapa besar daya pada power bankmu.

2. Setiap Penumpang Hanya Diizinkan Membawa 2 Unit Power Bank

Setiap penumpang tak boleh membawa lebih dari 2 power bank dengan batasan daya yang ditentukan (Foto: pixabay/stocksnap)

Aturan yang kedua, yakni kamu harus tau tentang jumlah power bank yang diizinkan untuk dibawa saat melakukan penerbangan. Yakni 2 unit untuk setiap penumpang. Tentunya power bang itu juga harus memiliki daya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti pada penjelasan di poin pertama.


3. Tak Menggunakan Power Bank Saat Penerbangan

Jangan menggunakan power bank saat penerbangan (Foto: pixabay/lyoo_jw)

Aturan yang ketiga ialah tak dibenarkan untuk menggunakan power bank. Hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Karena itu, sebaiknya pastikan dengan benar, bahwa ponsel kamu memiliki baterai yang cukup sebelum melakukan penerbangan. Misalkan baterai ponsel kamu habis saat berada di pesawat, sebaiknya bersabar hingga kamu tiba di bandara tujuan untuk malakukan pengisian ulang.

Baca Juga:

Jangan Panik Saat Paspor Hilang, Ini Panduan Mudah Pengurusannya

4. Menaruh Power Bank Dalam Bagasi Kabin

Jangan taruh power bank dalam kabin (Foto: pixabay/stocksnap)

Power bank yang telah diizinkan dibawa, harus diletakan pada bagasi kabinmu. Karena power bank tak dibenarkan untuk diletakan ke dalam bagasi tercatat bersama barang bawaan lainnya. Oleh sebab itu, jika benar kamu ingin membawa power bank saat penerbangan, sebaiknya laporkan dengan jujur pada petugas bandara. Guna mendapat arahan yang tepat untuk menyimpan benda itu.

Perlu diketahui, aturan membawa power bank tersebut sejatinya ditetapkan untuk menjamin keselamatan penumpang saat melakukan penerbangan. (ryn)

Baca Juga:

Kenali Hubungan Traveling dengan Kesehatan Jiwa

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH