Catat, Ini Agenda Wisata Solo Juni 2017 Tradisi Grebeg Pasa ditandai dengan keluarganya gunungan dari Keraton Kasunanan Solo. (Foto: MerahPutih/Win)

Jika berencana berkunjung ke Solo bulan Juni ini, Sahabat MerahPutih sebaiknya memperhatikan agenda wisata Solo terlebih dahulu. Setidaknya ada tujuh acara besar bulan ini. Apa saja acara tersebut? Intip jawabannya di sini.

1. Upacara adat Waishaka Puja Raya

Acara ini akan digelar di Candi Putih Vihara Dhamma Sundara, Pucang Sawit Solo pada Sabtu, 3 Juni 2017.

2. Malam Selikuran

Malam Selikuran diadakan untuk memperingati Lailatur Qadar atau Malam Seribu Bulan. Keraton Kasunanan Solo biasanya mengadakan pawai mengarak 1.000 tumpeng ke masjid Agung Surakarta. Jika ingin menghadirinya, Anda bisa mendatangi Keraton Kasunanan Solo pada Kamis, 15 Juni 2017.

3. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana merupakan agenda wajib bagi Anda yang berlibur ke Solo bulan ini. Pada Jumat, 23 Juni 2017 akan ada pertunjukan Sendratari Ramayana dengan judul Anoman Obong di panggung terbuka Taman Kota Balekambang Solo.

4. Tradisi menyambut Ramadan

Ada empat tradisi menyambut Ramadan yang patut Anda ikuti selama berkunjung ke Solo bulan ini, yaitu: - Syawalan Solo Zoo yang digelar di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) pada 25 Juni 2017.
- Bakdan Ing Balekambang yang diadakan di Taman Balekambang pada 25 Juni 2017.
- Grebeg Pasa yang dilaksanakan pada 27 Juni 2017. Tradisi ini ditandai dengan keluarganya gunungan dari Keraton Kasunanan Solo.
- Bakdan Ing Solo yang dilakukan di Benteng Vastenburg pada 28 Juni 2017.

Jangan lupa simpan agenda wisata ini dalam ponsel sebelum Anda berangkat ke Solo. Jika ingin keliling Kota Solo, Anda juga dapat mengetahui transportasi yang tepat pada artikel Yuk, Keliling Kota Solo Dengan Railbus Bathara Kresna.

Tulisan ini dibuat berdasarkan laporan dan liputan Win, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH