Catat! Hari ini Puncaknya Hujan Meteor Eta Aquarid

Leonard Leonard - Selasa, 05 Mei 2020
Catat! Hari ini Puncaknya Hujan Meteor Eta Aquarid
Fenomena di langit yang selalu mengundang takjub. (Foto: demotracticunderground)

PERNAHKAH kamu melihat debu kosmik jatuh dari langit malam? Tidak ada yang bisa melihat pemandangan cahaya terang yang melesat melintasi langit malam yang durasinya cuma beberapa detik. Bulan ini, mungkin kamu dapat melihat fenomena bintang jatuh dari halaman rumah kamu saat hujan meteor Eta Aquarid menerjang.

Dalam kondisi yang sempurna, pengamat bintang dapat melihat sebanyak 60 meteor per jam. Bagi mereka yang berada di belahan bumi selatan, biasanya lebih berkesempatan mendapatkan pemandangan yang menakjubkan.

Baca juga:

30 Tahun Teleskop Hubble, Menjadikan Astronomi Lebih Menarik

1
Dalam kondisi sempurna dapat menyaksikan 60 meteor (Foto: astronomy)

Fenomena bintang jatuh disebabkan ketika partikel benda angkasa memasuki atmosfer Bumi dan terbakar. Mereka dapat terjadi kapan saja di malam hari dan setiap saat sepanjang tahun, meskipun jauh lebih mungkin terjadi saat hujan meteor. Perjalanan tahunan Bumi mengelilingi matahari sering membawanya melalui awan puing yang tersisa di Tata Surya. Dalam kasus Eta Aquarids, merupakan bagian dari Komet Halley yang terkenal. Secara resmi disebut 1P / Halley yang terakhir ada di Tata Surya pada tahun 1986.

Eta Aquarids adalah salah satu dari dua hujan meteor yang disebabkan oleh Komet Halley, yang lainnya adalah Orionids, yang akan memuncak pada 21 Oktober 2020.

Baca juga:

Lelang Batu Terbesar dari Bulan. Tertarik?

2
SAlah satu hujan meteor yang disebabkan komet Halley (Foto: abc13)

Hujan meteor Eta Aquarid dimulai sekitar 19 April dan berlangsung hingga akhir Mei. Jadi pada malam hari kamu bisa melihat fenomena bintang jatuh. Di waktu-waktu awal sebelum fajar pada tanggal 5 Mei 2020 dipercaya sebagai waktu yang paling baik. Mengingat kamu membutuhkan keadaan langit yang cerah, sebaiknya melihat di malam sebelum dan sesudah. Dengan demikian akan memaksimalkan peluang kamu melihat bintang jatuh.

Meskipun mereka dapat muncul di mana saja pada langit malam, yang terbaik adalah melihat ke arah selatan setelah tengah malam. Di situlah kamu akan menemukan rasi bintang Aquarius (Eta Aquarii adalah salah satu bintang paling terang).

Aquarius Eta lebih mudah dilihat dari belahan bumi selatan dan garis lintang tropis di belahan bumi utara. Hanya karena Aquarius lebih tinggi di langit malam, tetapi masih mungkin untuk melihat bintang jatuh dari Amerika Utara. Menurut American Meteor Society, hujan meteor Eta Aquarid akan menghasilkan kilasan meteor yang terang di langit. (lgi)

Baca juga:

Peringati Hari Bumi, NASA Rilis Poster Fase Bumi

#Meteor #Meteor Jatuh #Benda Luar Angkasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan