Catat, Cirebon City Festival 2019 yang Penuh Keseruan Akan Segera Dihelat C'Fest juga bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata Cirebon (Foto: Istimewa)

ADA kabar gembira nih untuk warga Cirebon. Sebentar lagi bakal digelar festival kece di Cirebon, bertajuk Cirebon City Festival 2019 (C'Fest). Festival ini digelar pemerintah Kota Cirebon yang bekerjasama dengan Foris Event.

Enggak cuma sekadar menggelar festival keren. Tapi festival ini juga merupakan terobosan baru sebagai upaya promosi pariwisata pemerintah daerah. Tujuannya agar destinasi wisata Cirebon lebih dikenal lagi oleh turis lokal dan mancanegara.

Lalu ada acara keren apa saja sih di C'Fest 2019 nanti?

1. Pegelaran musik yang dikemas sebagai pertunjukan teatrikal bertajuk Sound of Sunyaragi

Tohpati Ethnomission dan Dewa Budjana akan meramaikan acara ini (Foto: Istimewa)

Sound of Sunyaragi merupakan perhelatan musik dwi warna. Nantinya musik yang ditampilkan dalam pertunjukan ini ialah perpaduan musik modern dengan materi lokal. Lalu akan dikemas sebagai pertunjukan teatrikal.

Sound of Sunyaragi bakal digelar di situs budaya Goa Sunyaragi. Perhelatan musik ini juga akan menampilkan sejumlah musisi ternama. Seperti Dewa Budjana dan Tohpati Ehnomission. Musiknya dikemas oleh Yoes JF sebagai sutradara. "Penampilan mereka juga akan didukung oleh Barochestra," ungkap Andry Prihartono mewakili Foris Event.

Sound of Sunyaragi akan diselenggarakan tanggal 23 Februari 2019 di Goa Sunyaragi Cirebon. Tiket masuknya seharga Rp.300 ribu untuk kelas VIP. Sementara untuk kelas regular seharga Rp.200 ribu.

Selain itu, perhelatan acara musik itu juga akan diramaikan dengan penampilan Wakil Wali Kota Cirebon Hj. Eti Herawati, Hari Pocang Travelers, dan Tari Seribu Tangan. Enggak ketinggalan Penabuh Bandung, Djana Partanain, Mita Kultsum dan Anggraeni juga akan terlibat dalam acara ini.

"Secara visual pertunjukkan, penonton akan dimanja dengan tampilan multimedia dan teatrikal," papar Erman Soelaeman, Creative & Art Director Sound of Sunyaragi. Intinya, Sound of Sunyaragi bakal menjadi tontonan menarik dan menegaskan Goa Sunyaragi sebagai cagar budaya Caruban.

2. Cirebon X-Pose, eksibisi kekayaan wisata Cirebon

Dari kuliner Cirebon hingga wisata budaya akan dipamerkan di Cirebon X-Pose (Foto: Istimewa)

Selain pertunjukan musik, C'Fest juga akan menghelat pameran kekayaan wisata Cirebon bertajuk Cirebon X-Pose. Mulai dari kuliner, destinasi wisata fisik dan budaya akan dipamerkan. Sekaligus pagelaran budaya asli Cirebon dan karnaval budaya.

Andry Prihartono selaku produser acara mengungkapkan melalui Cirebon X-Pose, destinasi wisata Cirebon diharapkan dapat dikenal di ranah lokal maupun global. "Melalui Cirebon X-Pose, kami berharap masyarakat Cirebon lebih mengenal lagi Cirebon dan kekayaan destinasi wisata yang dimilikinya," Harap Andry.

Cirebon X-Pose akan digelar tanggal 2 – 3 Maret 2019 di area Gedung BAT Cirebon. Untuk Tiket dapat diperoleh di 95.3 FM Shelter Cirebon. Pihak penyelenggara juga bekerjasama dengan perhimpunan hotel dan restoran Cirebon dalam penjualan tiket.

Jadi sahabat Merah Putih sudah siap liburan ke Cirebon dan menikmati C'Fest 2019? (ikh)

Baca juga: Masjid Pejlagrahan, Tajug Pertama di Kota Cirebon

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo