Catat, Cicilan UMKM Terdampak Corona Ditunda 1 Tahun dengan Bunga Ringan! Bazar UMKM. Foto: beritajakarta.id

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji mengeluarkan kebijakan-kebijakan penanganan virus Corona (COVID-19) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belakangan sepi karena banyak masyarakat beraktivitas di rumah.

Insentif ini sudah disepakati Otoritas Jasa Keungan (OJK) yang akan memberikan kelonggaran relaksasi kredit UMKM untuk nilai kredit di bawah Rp 10 miliar baik kredit perbankan maupun industri keuangan nonbank.

Baca Juga:

Terjawab! Ini Alasan Jokowi Ngotot Enggak Mau Lockdown Atasi COVID-19

"Akan diberikan penundaan cicilan sampai satu tahun dan penurunan bunga," kata Jokowi, dalam ratas soal virus Corona bersama menteri dan gubernur yang disiarkan langsung oleh Setpres, Selasa (24/3).

jokowi
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Jokowi menambahkan untuk tukang ojek, sopir taksi dan nelayan bakal dicarikan solusi bagi mereka yang memiliki cicilan atau kredit terutama kendaraan. Menurut dia, baik pelaku UMKM, sopir taksi, tukang ojek maupun nelayan akan diberikan relaksasi angsuran hingga setahun.

"Saya kira ini juga perlu disampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran atau relaksasi selama 1 tahun," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga berbicara kucuran uang Rp10 triliun dalam program kartu prakerja. Pemerintah juga menambah jumlah bantuan sosial dalam bentuk pangan sebesar Rp50 ribu. Total masyarakat yang mendapatkan bantuan sebanyak Rp200 ribu kepada keluarga penerima manfaat program Program Keluarga Harapan (PKH). (Knu)

Baca Juga:

Pemerintah Diminta Antisipasi Dampak Corona, Sandiaga: UMKM Tahan Turbulensi Ekonomi


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH