Catat, Berikut Rincian Kuota dan Jabatan Lowongan CPNS 2019 Pengumuman pembukaan formasi CPNS 2019 di Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka pada akhir Oktober 2019. Kemenpan RB telah merilis bidang-bidang pekerjaan yang akan dibuka.

"Guru, dosen dan tenaga kesehatan mendominasi lowongan CPNS kali ini,"ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja usai Rakornas BKN di Yogyakarta, Rabu (25/9).

Baca Juga:

Komentar Marcus Gideon dan Anthony Ginting Usai Ikut Tes CPNS

Lowongan guru menjadi fokus utama untuk mengejar kekurangan guru di daerah. Iwan mengatakan saat ini Indonesia membutuhkan sekitar 600.000 guru.

Deputi SDM Aparatur Kemen PANRB Setiawan Wangsaatmaja di Yogyakarta
Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja (kanan) (MP/Teresa Ika)

Pemerintah telah merencanakan akan merekrut tenaga guru hingga 2024. Setiap tahun Pemerintah berencana merekrut sekitar 100 ribuan guru juga tenaga dosen.

Kuota guru yang akan dibuka sebanyak 63.324 orang. Dari jumlah itu sebanyak 4.900 adalah lowongan guru agama dibawah Kemenag.

"Kebanyakan lowongan yang dibuka adalah guru di daerah. Lowongan guru daerah berjumlah 58.424 orang,"
katanya.

Jumlah tersebut meliputi guru dari level sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Sementara kuota lowongan dosen berjumlah 2.194 orang.

Baca Juga:

Meleset Dua Poin, Seorang Peserta Tes CPNS Menangis Tersedu-sedu

Iwan melanjutkan lowongan untuk tenaga kesehatan berjumlah 31.765 orang. Disamping itu, Kemenpan-rb turut membuka lowongan tenaga teknis fungsional sebanyak 23.660 orang dan tenaga teknis lainnya yang berjumlah 28.767 orang.

Kuota total rekrutmen CPNS Oktober mendatang sebanyak 197.111 orang. Terdiri dari CPNS Kementerian dan lembaga Pusat sebanyak 37.854 orang dan CPNS Daerah sebesar 159.257 orang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca Juga:

Lowongan CPNS Dibuka Oktober 2019, Ini Bocoran Kuota dan Komposisinya

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH