Headline

Catat, Begini Tahapan Pemblokiran Kartu Prabayar yang Tidak Registrasi Ulang

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 20 Desember 2017
Catat, Begini Tahapan Pemblokiran Kartu Prabayar yang Tidak Registrasi Ulang
Kartu sim (Foto: MP/Ist)

MerahPutih.Com - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika akan melakukan pemblokiran terhadap kartu prabayar yang tidak diregistrasi. Namun pemblokiran itu dilakukan secara bertahap setelah batas waktu 28 Februari 2018.

"Bertahap dalam 30 hari setelah batas waktu telepon keluar diblok, selanjutnya 15 hari panggilan masuk," ujar Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M Ramli dalam konferensi pera di Jakarta, Rabu (20/12).

Dalam masa itu, kata Ahmad Ramli, pengguna kartu prabayar masih bisa menggunakan data. Akses data akan ditutup oleh operator 60 hari setelah batas waktu registrasi kartu prabayar.

Hal tersebut dilakukan karena pihaknya menghargai uang masyarakat yang terdapat di operator.

Menurut Ahmad Ramli sebagaimana dilansir Antara, pemerintah tidak membatasi dan sampai saat ini tidak menyebut angka target pelanggan yang melakukan registrasi, justru pemerintah ingin mengetahui jumlah kartu prabayar yang aktif.

"Dari 380 juta kartu itu kita akan tahu jumlah yang aktif berapa. Banyak yang punya kartu, tetapi tidak pakai," ucap Ahmad Ramli.

eski pemblokiran dilakukan bertahap, Kemkominfo mengimbau pengguna ponsel segera melakukan registrasi sebelum batas waktu yang ditetapkan, yakni pada akhir Februari 2018.

Sementara itu, untuk melakukan registrasi prosesnya adalah pelanggan memasukkan 16 angka yang terdapat pada Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor Kartu Keluarga (KK).

Semua data pengguna ponsel terjamin keamanannya sehingga pengguna tidak perlu khawatir.

Program registrasi pelanggan kartu SIM prabayar diatur melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 21 Tahun 2017 yang mulai diterapkan pada 31 Oktober 2017.(*)

#Registrasi Kartu Prabayar #Kementerian Komunikasi Dan Informatika
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan