Catat, 5 Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran Ilustrasi. Foto: ist

MerahPutih.com - Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Ketika arus mudik berlangsung, ada ancaman yang mengintai rumah pemudik.

Untuk mencegah pencurian dan tindak pidana lainnya, Kassubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno, memberikan lima tips kepada masyarakat.

1. Lapor Ketua RT dan Tetangga

"Izin dulu rt/rw setempat biar nanti RT melaporkan langsung ke Bhabinkamtibmas. Setelah itu Bhabinkamtibmas atau polsek setempat melalukan patroli keliling rumah warga," ujar Kompol Suyatno saat diinformasi merahputih.com, Senin (28/5)

2. Cek semua pintu, jendela, garasi rumah dan pastikan semua sudah tertutup rapat serta terkunci. Bahkan perlu ditambahkan lagi kunci pengaman tambahan.

Ilustrasi

Sebelum Anda meninggalkan rumah, sebaiknya Anda mengecek apakah semua pintu, jendela, garasi sudah terkunci rapat. Hal ini demi mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab membobol rumah Anda.

3. Matikan aliran listrik yang dianggap tidak perlu seperti AC, kulkas, TV, kompor gas, serta lainnya guna menghindari bahaya kebakaran.

"Lampu depan biarkan tetap menyala agar dipandang tidak kosong rumah yang ditinggalkan," tutur Suyatno.

4. Memberitahu kepada tetangga yang tidak mudik, kalau rumah sedang kosong karena ditinggal mudik untuk lebaran ke kampung halaman.

5. Usahakan Satuan Pengamanan (Satpam) di lingkungan rumah mengetahui kalau rumah dalam keadaan kosong.

Dalam kesempatan yang sama seorang warga bernama Fadel (25) berharap kepada petugas keamanan dan polisi untuk intensif melakukan patroli saat warga mudik ke kampung halaman.

"Kita sih berharap keamanan selalu muter kampuang saat warga pada pulang kampung. Kan kosong tuh rumah," kata Fadel. (Asp)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH