Cari Pelaku Permainan Karantina, Mabes Polri Datangi Sejumlah Hotel

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 04 Februari 2022
Cari Pelaku Permainan Karantina, Mabes Polri Datangi Sejumlah Hotel
Ilustrasi - Penumpang tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (3/2/2022). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

MerahPutih.com - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri mendatangi lokasi karantina bagi para WNA dan WNI yang baru pulang dari perjalanan luar negeri.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, proses penyelidikan dengan terjun langsung ke lokasi tersebut bertujuan untuk memastikan tidak adanya "permainan" atau pelanggaran aturan karantina terhadap PPLN.

"Tim Dittipideksus Bareskrim Polri melakukan penyelidikan di lokasi hotel repatriasi total 12 hotel dengan hasil keseluruhan 300 WNI dan 417 WNA," ungkap Dedi kepada wartawan, Jumat (4/2).

Baca Juga:

Ketua MPR Duga Ada Praktik Curang Karantina COVID-19

Menurut Dedi, apabila ditemukan peristiwa pidana dalam penyelidikan ini, maka pihaknya tidak segan dan ragu untuk meningkatkan ke tahap penyidikan.

Hal itu untuk menjerat para tersangka atau pelaku.

Prinsipnya, lanjut Dedi, sesuai perintah Kapolri akan menindak tegas siapa saja yang terbukti melakukan pelanggaran hukum pada proses kekarantinaan dari hulu sampai hilir.

"Sebagaimana diatur dalam SE Satgas COVID-19 Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Propokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," jelasnya.

Baca Juga:

Durasi Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri Jadi Lima Hari

Berdasarkan hasil koordinasi dan interview sementara, lanjut Dedi, sejauh ini secara umum pelaksanaan karantina berjalan sesuai ketentuan.

"Beberapa pihak penyelenggara karantina akan diundang untuk klarifikasi lebih mendalam," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengakui dirinya kerap menerima laporan adanya mafia yang cari untung dalam karantina para pelaku perjalanan dari luar negeri.

Ia menyesalkan fenomena ini sekaligus berjanji segera menindaklanjuti laporan ini guna memberikan kenyamanan bari para pelaku perjalanan.

"Kami tindak lanjuti laporannya," kata Sandi.

Ia menyebut, guna mengantisipasi aksi para mafia ini, Kemenparekraf akan memberikan keleluasaan bagi pelaku perjalanan luar negeri untuk melakukan tes PCR pembanding dan memperpendek masa karantina. (Knu)

Baca Juga:

Mabes Polri Sebut Lemahnya Pengawasan di Bandara Picu Pemain Karantina Beraksi

#Kasus COVID-19 #COVID-19 #Mabes Polri
Bagikan
Bagikan