Cari Pakaian Adat Betawi? Datang ke Rumah Busana Betawi

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 28 Maret 2016
Cari Pakaian Adat Betawi? Datang ke Rumah Busana Betawi
Pakaian adat Betawi di Rumah Busana Betawi, Kampung Betawi Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: MerahPutih/Muchammad Yani)

MerahPutih Budaya - Saat ini pakaian tradisional memang memiliki peminat yang sedikit. Alhasil, jarang sekali kita menemukan orang yang dengan setia memproduksi pakaian tradisional. Begitu pula dengan pakaian tradisional Betawi, tidak banyak produsen pakaian tradisional di Ibu Kota dan sekitarnya ini. 

Salah satu yang setia membuat pakaian tradisional Betawi adalah Thoyyibah. Ia bertempat tinggal di Kampung Betawi Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Wanita yang memiliki sebuah toko bernama Rumah Busana Betawi ini mengaku, keputusannya untuk memproduksi khusus pakaian Betawi saat tempat tinggalnya di Setu Babakan dinobatkan sebagai Kampung Betawi pada tahun 2000.

"Waktu pertama dinobatkan jadi Kampung Betawi, saya langsung berpikiran untuk membuat pakaian adat Betawi. Setahun setelahnya, saya langsung produksi khusus pakaian Betawi," ucapnya kepada merahputih.com saat ditemui di rumahnya, Senin (28/3).

Thoyyibah menjelaskan, dirinya tak memiliki kesulitan dalam membuat pakaian adat Betawi. Pasalnya, Thoyyibah pernah belajar mengenai busana di sekolah busana SMKN 37 Pasar Minggu.

Selain menjual beragam pakaian adat Betawi seperti abang, none, encim, demang hingga pakaian silat, Thoyyibah juga menyewakan pakaian-pakaian tersebut. Bahkan, ia menuturkan, keuntungan yang didapat lebih banyak jika orang sengaja menyewa dibandingkan membeli.

"Kalau keuntungan saya lebih suka yang sewa. Soalnya kalau sewa itu kan bajunya dibalikin lagi," ujat Thoyyibah ramah.

Pelanggan Rumah Busana Betawi pun tak bisa dibilang sedikit. Tak jarang Thoyyibah dicari orang dari luar kota hanya untuk menyewa sebuah pakaian.

"Pelanggannya banyak dari anak-anak sampai dewasa. Perusahaan-perusaan juga banyak yang sewa. Malah sempet pakaian saya sampai keluar pulau (Jawa)," jelasnya. (Yni)


BACA JUGA:

  1. Seniman Yogyakarta Kritik Materi Pendidikan Seni Tradisi di Sekolah
  2. Seniman Yogyakarta: Lebih Baik Mengawinkan Budaya
  3. Sanggar Seni Kinanti Sekar Bukan Sekadar Ruang untuk Menari
  4. Golok Ciomas Hanya Dibuat Malam ke-12 Bulan Maulud
  5. Aneh, Hanya Keturunan Ki Buyut Cengkuk yang Bisa Membuat Golok Ciomas
#Rumah Busana Betawi #Pakaian Adat Betawi #Pakaian Tradisional Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan