Kuliner
Cara Enak Makan Kentang Goreng di Seluruh Dunia Ada berbagai cara menikmati kentang goreng.(Foto Unsplash/Chirag Purohit)

KENTANG goreng pada awalnya merupakan makanan pokok yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Namun, seiring berjalannya waktu, kentang dijadikan sebagai makanan sampingan atau lauk yang dikonsumsi bersamaan dengan nasi. Olahan kentang yang semakin lama semakin unik menjadikannya makanan ini fleksibel. Kamu bisa memilih ingin mengonsumsi kentang sebagai makanan berat atau menjadikannya camilan sore.

Irisan kentang goreng renyah atau french fries merupakan salah satu olahan kentang yang amat dikenal. Meski namanya french alias Prancis, kentang goreng nyatanya berasal dari Belgia. Seperti dilansir Mentalfloss, kentang goreng mendapatkan nama french fries dari tentara Amerika di wilayah yang berbahasa Prancis selama Perang Dunia II.

Saat ini kentang goreng telah menjadi makanan pokok pada menu di setiap restoran ataupun rumah makan di seluruh dunia. Meski biasanya kentang goreng disajikan dengan cocolan saus, ternyata ada beberapa cara unik beberapa negara untuk menikmati kentang goreng.

BACA JUGA:

Siapa Sangka, French Fries Ternyata Berasal dari Belgia

1. Poutine

poutine
Disebut hidangan nasional di Kanada.(foto: Instagram @theyummyvegan)

Hidangan kentang goreng yang satu ini disiram dengan saus berwarna cokelat keemasan dan juga potongan keju. Berasal dari daerah penghasil susu di wilayah Centre-du-Québec, Kanada, tempat fromageries memproduksi keju khususnya pada 1950-an, hidangan ini disebut poutine. Hidangan ini dianggap sebagai hidangan nasional di Kanada.

2. Currywurst

currywurst
Kentang disajikan bersama potongan sosis Jerman. (foto: Instagram @foodstorm)

Hidangan potongan sosis Jerman yang dilapisi saus tomat dan bubuk kari serta ditemani kentang goreng ini ditemukan di Berlin oleh ibu rumah tangga Jerman bernama Herta Heuwer. Pada 1949, Heuwer mendapatkan bahan-bahan dari tentara Inggris di Jerman dan menjual makanan ringannya dari sebuah warung makan di distrik Charlottenburg, Berlin. Warisannya dilestarikan di Museum Currywurst, Berlin yang sayangnya ditutup pada 2018.

3. Fish and Chips

fish and chips
Lahir di Kota Lancashire dan London. (foto: Instagram @chipsno8)

Latar belakang di balik pasangan simbolis ikan dan kentang goreng berkaitan dengan Kota Lancashire dan London sebagai tempat kelahiran hidangan tersebut. Selama beberapa abad, toko ikan dan kentang goreng mulai bermunculan di Inggris. Pada abad ke-20, kombinasi tersebut memperoleh status peringkat tinggi sehingga dibebaskan dari penjatahan selama kedua Perang Dunia.

4. Chipsi Mayai

chipsi mayai
Kentang dibalut telur. (foto: Instagram @naturezkandie)

Dalam bentuk dasarnya, makanan jalanan Tanzania ini ialah telur. Mayai berarti telur dalam bahasa Swahili dan telur dadar kentang. Untuk memasaknya, kentang goreng biasanya dibentangkan sebagai lapisan dan campuran omlette kemudian dituangkan di atasnya, terkadang dengan tambahan sayuran seperti paprika atau daun bawang. Kombinasi dari telur dan kentang tidak berdiri sendiri karena dapat dilapisi dengan salad tomat dan bawang yang disebut kachumbari.

5. Salchipapa

salchipapa
Memadukan kentang dan sosis. (foto: Instagram @labajadastreetfood)

Nama makanan jalanan khas Amerika Latin ini merupakan kombinasi dari dua bahan utama, sosis (salchi) dan kentang (papas). Sosis daging sapi atau hot dog diiris dan disebarkan bersama kentang goreng di atas piring. Berbagai saus, seperti saus tomat atau mustard, membantu menyempurnakan pasangan ini. Hidangan berasal dari Peru, tetapi juga dapat ditemukan di negara-negara Amerika Latin lainnya, seperti Kolombia dan Ekuador.

6. Truk’I Pan

truk ipan
Jadi makanan pokok di tiap pesta di Curacao. (foto: Instagram @djsuperior)

Diterjemahkan sebagai 'truk roti' atau 'truk sandwich', nama Truk'i Pan berasal dari truk makanan yang merupakan makanan pokok di pesta malam di Curacao. Mereka menyajikan daging panggang, udang atau kerang dengan kentang goreng, salad, atau roti mulai pukul 9 malam. sampai dini hari. Pesanan ini sering datang dengan saus kacang, pico de gallo, chimichurri, atau makanan penutup lainnya.

7. Moules Frites

moules frites
Dipasangkan dengan kerang. (foto: Instagram @parkcityarearestaurants)

Kerang dan kentang goreng merupakan kombinasi dari Prancis dan Belgia yang lainnya. Pasangan ini diperkirakan berasal dari Belgia, tetapi juga merupakan hidangan populer di Prancis. Di Prancis, jenis moluska bivalvia yang digunakan untuk menyiapkan makanan laut dan kombinasi pati ini dapat berasal dari daerah seperti Brittany, yang memproduksi kerang Bouchot.

8. Kentang Furaido

furiado
Bisa dipesan seperti furikake.(foto: Instagram@thinkpotato)

Di Jepang, kentang goreng dikenal sebagai kentang furaido. Kentang itu sendiri diperkenalkan ke negara itu oleh pedagang Belanda pada abad ke-16, dan kentang goreng sekarang menjadi makanan saji cepat di Jepang. Orang dapat memesannya dalam gaya Belgia atau menambahkan perasa seperti furikake, campuran rumput laut yang dibumbui, biji wijen, dan bahan lainnya.

9. Chorrillana

chorrillana
Disajikan bersama telur goreng atau orak-arik.(foto: Instagram @chubbysburger.cl)

Pesanan orang Chili ini ialah tumpukan telur goreng atau orak-arik, irisan daging, bawang goreng, dan kentang goreng. Beratnya chorrillana membuatnya menjadi makanan yang dapat dibagikan, dan dapat dipesan di restoran di K ota Valparaíso, tempat asalnya.

10. Slaptjips

slaptjips
Kentang basah yang dibalut roti.(foto: Instagram @johanism_101)

Di Afrika Selatan, kata untuk tamparan juga memiliki arti pincang atau lembek. Ini juga berlaku untuk slaptjip, sejenis kentang goreng yang dibuat dengan merendam kentang yang sudah dipotong dalam seember air, kemudian menggorengnya sebelum disiram dengan garam dan cuka lalu dibungkus dengan kertas. Kentang goreng ini juga merupakan bagian dari sandwich populer yang disebut "The Gatsby," yang diisi tidak hanya dengan slaptjip tetapi juga daging, keju, telur, dan salad.(Tel)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sakit Telinga Gejala COVID-19?
Fun
Sakit Telinga Gejala COVID-19?

COVID-19 memiliki banyak gejala.

Jalan-jalan Virtual Saat Liburan Akhir Tahun
Fun
Jalan-jalan Virtual Saat Liburan Akhir Tahun

Selama pandemi banyak terselenggara wisata virtual baik gratis ataupun berbayar

Intip Kemampuan 5 Champion Baru 'League of Legends: Wild Rift'
Fun
Intip Kemampuan 5 Champion Baru 'League of Legends: Wild Rift'

Kemampuan yang mereka miliki sangat keren.

Game Indie yang Wajib Kamu Mainkan dari Event E3 2021
Fun
Game Indie yang Wajib Kamu Mainkan dari Event E3 2021

Inilah lima rekomendasi gim indie yang wajib kamu coba yang ternyata dipamerkan dalam acara sebesar E3 2021.

Promo Travel dan Penginapan Amat Menggiurkan di Harbolnas 2020
Fun
Promo Travel dan Penginapan Amat Menggiurkan di Harbolnas 2020

Jangan sampai ketinggalan periode promonya ya.

Fortnite Hadirkan Skin Klub Sepak Bola Ternama
Fun
Fortnite Hadirkan Skin Klub Sepak Bola Ternama

Ada beberapa nama besar yang tidak ditampilkan, seperti Bayern Munich. Tetapi dengan tim-tim populer dari Eropa

Deretan Akun TikTok dengan Follower Terbanyak di Dunia
Fun
Deretan Akun TikTok dengan Follower Terbanyak di Dunia

Yuk intip deretan akun TikTok yang memiliki follower terbanyak di Dunia, peringkat satunya memiliki 116,5 juta follower

80% Anak Muda Alami Penurunan Kondisi Mental Saat Pandemi
Fun
80% Anak Muda Alami Penurunan Kondisi Mental Saat Pandemi

Pandemi membuat anak muda banyak pikiran.

Kisah Bahagia Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra di Lagu '1+1'
ShowBiz
Kisah Bahagia Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra di Lagu '1+1'

Rayakan anniversary pernikahan, Isyana Saravati rilis lagu baru.

WhatsApp Luncurkan Fitur Foto dan Video Lihat Sekali
Fun
WhatsApp Luncurkan Fitur Foto dan Video Lihat Sekali

Video yang dikirim hanya bisa dilihat sekali oleh penerima.