Cara Unik Caleg Terpilih PSI Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Solo Anggota DPRD Solo dari PSI, Antonius Yoga Prabowo (42) berangkat pelantikan naik sepeda dari ruma menuju ke kantor DPRD Solo, Jawa Tengah, Rabu (14/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengirimkan satu wakilnya di DPRD Solo periode 2019-2024 atas nama Antonius Yoga Prabowo. PSI menyingirkan Partai Demokrat, PPP, dan Hanura yang wakilnya terlempar dari kursi DPRD.

Antonius memiliki cara unik ketika menghadiri pelantikan 45 anggota DPRD Solo periode 2019-2024 di Gedung Graha Paripurna, Solo, Jawa Tengah, Rabu (14/8) dengan naik sepeda onthel.

Baca Juga: PSI Bikin Kejutan di Kampung Jokowi, Petugas Satpam Lolos Jadi Anggota DPRD Solo

Anggota DPRD Solo dari PSI, Antonius Yoga Prabowo (42) berangkat pelantikan naik sepeda dari ruma menuju ke kantor DPRD Solo, Jawa Tengah, Rabu (14/8). (MP/Ismail)
Anggota DPRD Solo dari PSI, Antonius Yoga Prabowo (42) berangkat pelantikan naik sepeda dari ruma menuju ke kantor DPRD Solo, Jawa Tengah, Rabu (14/8). (MP/Ismail)

Maju di Pileg dapil V Jebres dan lolos sebagai anggota DPRD Solo dengan perolehan 3.723 suara, pria berusia 42 tahun itu ingin menunjukkan kalau menghadiri acara pelantikan tidak harus mewah dengan naik mobil.

"Saya berangkat pelantikan ke DPRD Solo dari rumah di Jalan Agung Selatan No.6, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo menuju kantor DPRD Solo menggunakan sepeda ontel, dengan jarak tempuh sekitar 5 km," papar dia.

Sebagai eks Satpam di RS Panti Waloyo di Solo, ia tak punya modal besar untuk dana kampanye. Ia pun mengadaikan motor trail senilai Rp 5 juta sebagai modal kampanye.

"Total saya menghabiskan Rp 12 juta selama kampanye di Pileg 2019. Relawan kalau datang ke rumah, saya tidak mampu memberikan makanan. Justru mereka bawa makanan sendiri dari rumah," ujar Yoga pada Merahputih.com.

Baca Juga: Efek Jokowi, PDIP Kuasai DPRD Solo

Pria kelahiran Solo 12 Desember 1977 ini menegaskan tidak akan berubah sikapnya sebagai pribadi sederhana meskipun telah menjadi anggota DPRD Solo. Ia pun berjanji saat berangkat kerja nanti tetap naik sepeda.

"Saya siap berkeringat bekerja untuk rakyat. Ini bentuk komitmen saya pada warga yang memilih saya. Sidang paripurna saya akan live di medsos sesuai amanat DPP PSI," kata dia.

Sebanyak 45 Anggota DPRD Solo, Jawa Tengah periode 2019-2024 resmi dilantik, Rabu (14/8). (MP/Ismail)
Sebanyak 45 Anggota DPRD Solo, Jawa Tengah periode 2019-2024 resmi dilantik, Rabu (14/8). (MP/Ismail)

Diketahui sebanyak 45 anggota DPRD Solo periode 2019-2024 resmi dilantik oleh kepala Pengadilan Negeri (PN) Solo, Rabu (14/8). PDIP mendapatkan 30 kursi. Sedangkan Golkar, Gerindra, dan PAN masing-masing memperoleh tiga kursi. PKS mendapatkan lima kursi dan PSI satu kursi.

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Baca juga artikel menarik lainnya: PDI Perjuangan Raih 30 Kursi DPRD Solo, Demokrat dan PPP Terlempar


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH