Cara Tetap Sehat Meski Bekerja Menggunakan Laptop Seharian Posisikan tubuh dengan tepat saat bekerja di depan layar laptopmu (Foto: Unsplash/Christin Hume)

BERKEMBANGNYA teknologi, membuat banyak perangkat elektronik digunakan dalam mendukung proses bekerja tiap harinya. Salah satu perangkat yang digunakan untuk bekerja adalah laptop. Terkadang pengguna laptop bekerja hingga lupa waktu.

Penggunaan laptop yang berlebihan bisa memengaruhi kesehatan fisik. Beragam hal menjadi pemicu masalah ini, salah satunya dikarenakan paparan cahaya dari laptop ke mata. Untuk itu, diperlukan upaya dalam memaksimalkan penggunaan laptop sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa cara yang telah dirangkum agar tetap sehat bekerja dengan laptop seharian.

Baca juga:

Tiga Ritual Sederhana untuk Kembali 'Fresh' Setelah Seharian Menatap Layar Komputer

1. Ketepatan posisi duduk

Cara Tetap Sehat Meski Bekerja Menggunakan Laptop Seharian
Hindari memangku laptop yang membahayakan kesehatan kulit (Foto: Pexels/Startup Stock Photo)

Letakkan laptop di meja kerjamu dan aturlah posisi duduk yang baik dan benar. Hindari memangku laptop, meletakkannya di meja yang terlalu tinggi, atau membungkukkan badan.

Posisikan laptop sejajar dengan mata untuk meningkatkan kenyamanan tubuh. Lebih baik gunakan bangku yang memiliki sandaran.

Dilansir dari laman vesttech, memangku laptop memberikan dampak yang membahayakan tubuh seperti nyeri persendiaan dan terganggunya sistem reproduksi akibat radiasi. Tak hanya itu, suhu panas laptop bisa merusak kulit paha hingga menimbulkan kanker.

2. Atur kecerahan layar

Cara Tetap Sehat Meski Bekerja Menggunakan Laptop Seharian
Aturlah tingkat kecerahan layar dengan tepat (Foto: Pexels/Burst)

Cahaya layar laptop memengaruhi kesehatan tubuhmu. Aturlah tingkat kecerahan layar monitormu untuk menghindari kerusakan mata.

Jangan biarkan cahaya layar monitormu terlalu cerah atau gelap untuk menghindari kerja ekstra yang membuat mata menjadi mudah lelah. Tak hanya berguna untuk kesehatan mata, mengatur cahaya layar monitor juga menghemat baterai.

Baca juga:

Singkirkan Bosan, Tetap Senang Saat Bekerja

3. Pasang pelindung layar monitor

Cara Tetap Sehat Meski Bekerja Menggunakan Laptop Seharian
Penting memasangkan screen protector (Foto: Pexels/Yugantar Sambhangphe)

Memasangkan screen protector efektif melindungi kesehatan mata yang mengurangi pantulan cahaya berlebih. Paparan sinar bluelight memengaruhi produktivitas mata.

Penggunaan screen protector juga bisa mengurangi ketegangan mata yang menurunkan kualitas pandangan mata karena pantulan cahaya layar monitor.

Visibilitas cahaya layar ini dilindungi dengan anti-glare. Tak hanya itu, pelindung layar monitor memiliki anti-reflektif yang mampu memantulkan cahaya dan memberikan reduksi pantulan seperti yang dilansir laman pcdreams.

4. Istirahat berkala

Cara Tetap Sehat Meski Bekerja Menggunakan Laptop Seharian
Lakukan istirahat secara berkala (Foto: Pexels/Rawpixel)

Lakukan peregangan otot selama 30 menit secara berkala. Meregangkan otot-otot dengan olahraga sederhana bisa meredakan nyeri persendian.

Memandangi laptop sepanjang hari akan membuat mata terasa lelah sehingga dibutuhkan beristirahat sejenak. Beragam istirahat yang bisa kamu lakukan dengan berkeliling atau jalan santai sembari menikmati pemandangan yang menyegarkan. Carilah tempat-tempat yang jauh dari polusi. (dys)

Baca juga:

Ini Waktu yang Tak Tepat dalam Menggunakan Gawai



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH