Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum Cara jitu mengatasi tantrum anak saat berada di tempat umum (Foto: Pexels/Ba Phi)

RASANYA sangat risih untuk mendengar tantrum anak di tempat umum, menangis hingga berteriak membuat orangtua mungkin malu dan bahkan bisa dicibir oleh orang lain. Ketika anak masih dalam usia dini, mengatasi tantrum anak pun akan menjadi lebih sulit.

Jangan sampai orangtua anak menggunakan kekerasan verbal ataupun fisik untuk mengatasi situasi ini. Dilansir dari laman Moms, orangtua bisa coba lima cara ini untuk mengatasi tantrum anak ketika berada di tempat umum.

Baca juga:

Trik Jitu untuk Menghindari dan Mengatasi Tantrum Anak Selama Liburan

1. Bawa Barang Kesayangan

Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum
Jangan lupa bawa mainan favorit anak (Foto: Pexels/mentatdgt)

Jika buah hati tantrum karena tidak ada barang yang bisa ia mainkan untuk membuatnya sibuk, cobalah untuk membawa barang kesayangannya seperti mainan, boneka, botol minum kesayangan, hingga mainan favorit anak.

Selain membuat buah hati sibuk, barang-barang kesayangan itu akan membuat pikiran anak lebih fokus dan terhindar dari kebosanan yang memicu tantrum.

2. Jangan Lewati Jam Tidur

Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum
Ketika mengantuk, tantrum anak bisa saja terjadi (Foto: Pexels/Pixabay)

Terkadang amat sangat susah jika orangtua mencoba untuk pergi ke supermarket. Jika anak kekurangan jam tidur, ia akan lebih mudah menangis karena ngantuk, dan bahkan bisa merujuk ke tantrum yang membuat orang di sekeliling terpaku akan kebisingan.

Cobalah untuk mengatur jadwal kapan akan pergi ke luar. Jangan sampai melewatkan jam tidur anak. Selain menentukan waktu, orangtua jangan sampai lupa juga untuk tetap memperhatikan jam makan anak. Karena jika anak kelaparan, akan ada potensi dimana si kecil bisa menangis.

Baca juga:

Hadapi Tantrum pada Anak yang Kecanduan Gadget, Lakukan Hal Ini

3. Hindari Sibuk Sendiri

Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum
Tetap perhatikan anak saat berada di tempat umum (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Potensi tantrum ternyata bisa saja terjadi ketika banyak orang di sekitar mereka. Ketika orangtua sibuk sendiri, anak pun bisa menangis hingga tantrum anak tak terhindarkan karena ingin menarik perhatian.

Jadi jangan sampai orangtua harus sibuk sendiri di depan anak. Cobalah untuk melakukan komunikasi lebih terhadap si kecil dari 'hati ke hati'.

4. Bawa ke Tempat yang Tenang

Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum
Ketika tantrum anak terjadi, bawa mereka ke tempat tenang (Foto: Pexels/Tetyana Kovyrina)

Jika anak memiliki mood yang berpengaruh dari lingkungan, cobalah untuk membawa kesayangan ke tempat yang tenang. Anak terkadang lebih mudah menangis jika ia mendengar kerumunan yang membuat dirinya terganggu.

Jadi untuk membawa si kecil ke tempat yang tenang seperti tempat liburan yakni pantai akan membuat si kecil lebih bisa bersantai dalam ketenangan.

Baca juga:

Jurus Jitu Mengatasi Tantrum pada Anak Berkebutuhan Khusus

5. Biarkan Anak Memilih

Cara Terbaik Mengatasi Tantrum Anak di Tempat Umum
Libatkan anak untuk menentukan pilihan (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Anak senang jika ia bebas memilih apapun, namun terkadang orangtua membatasi si kecil untuk memilih. Seperti di supermarket ketika si kecil tidak diizinkan untuk membeli barang yang diinginkan, ia pun akan menangis hingga tantrum.

Cobalah untuk membuat anak memilih, seperti memilih baju dari kartun kesayangan ataupun sekedar memilih buah-buahan di pasar, mengontrol anak pun menjadi lebih mudah. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH