Kuliner

Cara Tepat Memilih Tahu

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 05 Januari 2021
Cara Tepat Memilih Tahu
Selain tempe, tahu juga nikmat. (foto: unsplash/sherman kwan)

SAAT banyak yang mengeluhkan harga tempe yang meroket, kamu bisa mengganti dengan olahan lain kedelai yang tak kalah enaknya, yakni tahu. Tak seperti tempe, tekstur tahu lembut dan amat mudah dipasangkan dengan bahan makanan lain.

Tahu bisa digoreng, kukus, bahkan nikmat dicampurkan ke dalam kuah sup. Bahan masakan ini amat mudah ditemukan, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket.

Bagi kamu penyuka tahu, berikut cara terbaik untuk memilih tahu agar mendapat tahu yang nikmat untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:

Piring Melamin Berbahaya Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

1. Cium aromanya

nose
Cium aroma khas tahu. (foto: pixabay/giuliamar)

Aroma tahu yang khas dan segar menandakan tahu masih baik untuk dikonsumsi. Jika aroma tahu sudah mulai asam, sebaiknya urungkan niat untuk membeli. Untuk tahu goreng berbentuk segi tiga pastikan aromanya juga masih segar dan tidak tengik.


2. Tidak Berlendir

tofu
Pegang sebelum dibeli. (foto: unsplash/devi puspita amartha yahya)

Saat di pasar, jangan ragu untuk memastikan tahu yang kamu beli masih baik dan segar dengan cara memegangnya. Tahu yang sudah licin dan berlendir sebaiknya dihindari.


3. Sesuaikan Tekstur

TAHU
Sesuaikan tekstur dengan jenis tahu. (foto: Instagram @just.susitataqie)

Pastikan kamu menekan tahu yang akan dibeli. Sesuaikan dengan tekstur dari jenis tahu yang akan digunakan. Tekstur tahu lembut atau kenyal harus sesuai dengan ciri tahu yang ada.

4. Perhatikan Warna


Warna tahu yang dipasarkan ada dua macam. Tahu putih dan tahu kuning. Tahu putih memiliki rasa tawar, sedangkan tahu kuning biasanya sudah digarami dan memiliki rasa gurih. Warna tahu putih yang baik terlihat segar tanpa bercak kecokelatan, sedangkan tahu kuning memiliki warna kuning yang cerah. Warna kuning pada tahu biasanya menggunakan kunyit.


5. Kukus agar lebih tahan lama

Tahu umumnya tidak tahan disimpan lama. Tahuh yang direndam dalam air hingga benar-benar terendam seluruh bagian tahu hanya baik digunakan dalam dua hari.

Untuk penyimpanan lebih lama, sebaiknya Anda mengukus tahu. Simpan tahu dalam wadah tertutup dan masukkan ke lemari pendingin. Dengan carar itu, tahu bertahan lima hingga tujuh hari.(*)

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan