Kesehatan Mental

Cara Tepat Cari Bantuan untuk Gangguan Kecemasan

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Sabtu, 29 Januari 2022
Cara Tepat Cari Bantuan untuk Gangguan Kecemasan
Cari bantuan profesional untuk mengatasi gangguan kecemasan. (Foto: Freepik/cookie_studio)

DALAM satu titik, orang dengan kecemasan merasa butuh bantuan. Namun untuk mengetahui dari mana harus memulai atau apa yang harus dilakukan agar merasa lebih baik tidak selalu muda. Belum lagi stigma yang sering mengelilingi kesehatan mental, dan proses mencari tahu bagaimana meminta bantuan untuk kecemasan bisa terasa luar biasa.

"Ada tekanan masyarakat untuk terus maju dan untuk tidak pernah menunjukkan kerentanan atau kelemahan," kata psikolog klinis berlisensi Dr. Jaclyn Lopez Witmer. Namun kunci dari hidup yang lebih baik dengan mengakui sepenuhnya kecemasan dan mulai memanfaatkan sekitarmu untuk membantumu lepas dari kecemasan itu sendiri. Berikut langkah tepat mencari bantuan saat kecemasanmu datang.

Baca Juga:

Relationship Goals yang Enggak Boleh Ditunda Demi Hubungan Sehat nan Romantis

Hubungi teman

TEMAN
Cari teman yang paling kamu percayai (Foto: 123RF/flynt)


Ingatlah bahwa ada banyak orang yang berkenan membantumu mengatasi kecemasan. Tempat terbaik dan paling sederhana untuk memulai adalah dengan menjangkau seseorang yang paling kamu percaya. "Hubungi seseorang yang sudah kamu ajak bicara secara teratur," kata pekerja sosial klinis berlisensi Ruthie Kalai, LCSW. Bisa jadi teman, anggota keluarga, atau bahkan rekan kerja. Jika kamu merasa nyaman berada di dekat mereka, beri tahu mereka apa yang sedang terjadi.


Selektif

selektif
Cari teman yang memang mengerti dan memahami kamu. (Foto: Pexels/Thunyarat Klaiklang)


Tidak semua orang mau menerima dan mendengar masalah kesehatan mental. Tidak semua orang adalah pendengar yang baik, jadi ingatlah untuk selektif saat memilih siapa yang akan kamu hubungi. "Pilih seseorang yang kamu kenal akan menghormati perjuanganmu berdamai dengan gangguan kecemasan, seperti teman atau anggota keluarga yang juga berjuang mengatasi kecemasan," ujar Daramus. Jika kamu tidak merasa didukung, segera pindah ke orang lain.

Psikolog atau psikiater

terapis
Temui segera psikolog atau psikiater (Foto: Pexels/cottonbro)

Tentu saja, orang terbaik untuk dimintai pertolongan adalah psikolog atau psikiateri. "Terapi untuk kecemasan bisa sangat membantu," kata psikolog klinis Lisa Stines Doane, Ph.D., Jadi jika kamu tidak mendapatkan dukungan yang kamu butuhkan dari teman atau keluarga atau jika cara yang biasa kamu lakukan untuk mengatasinya tidak berhasil, hubungi psikolog. Kamu dapat menemukan psikolog melalui pencarian online cepat, melalui aplikasi telemedicine, atau dengan meminta rujukan dari dokter umum.

Baca Juga:

Bijak Memilih 'Self Reward' Agar Tidak Rugi

Bantuan

Selektif
Banyak saluran anonim yang dapat membantu keluar dari masalah kamu. (Foto: Pexels/Mart Production)


Jika kamu tidak memiliki siapa pun di lingkaran terdekat untuk diajak bicara, atau jika merasa tidak nyaman untuk membuka diri kepada orang yang dikenal, jangan pernah takut. "Ada banyak saluran bantuan anonim untuk dihubungi yang akan menghubungkan kamu dengan seseorang yang telah dilatih untuk mendengarkan," kata Kalai. Saluran bantuan ini adalah tempat yang tepat untuk mulai berbicara tentang kecemasan di lingkungan yang aman dan tidak menghakimi.

Rekomendasi

Morillo
Tanya-tanya dengan teman yang pernah ke psikolog atau psikiater (Foto: Pexels/Christina Morello)


"Cara lain untuk menemukan terapis adalah dengan meminta teman yang pernah menjalani terapi untuk mencari tahu ke mana mereka pergi," kata Witmer. Lihat apakah terapis mereka akan memberikan rujukan atau membuat kamu membuat janji. Saat kamu melakukannya, tanyakan kepada teman kamu itu apakah mereka akan berbicara tentang pengalaman mereka sendiri dengan kecemasan dan seperti apa terapi bagi mereka, sehingga kamu akan tahu apa yang diharapkan. (avia)

Baca Juga:

5 Ciri Lingkungan Pertemanan Sehat, Pernah Merasakannya?

#Kesehatan #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan