Cara Tepat Atasi Luka Akut

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Senin, 12 Oktober 2020
Cara Tepat Atasi Luka Akut
Luka akut terjadi pada individu sehat (Foto: Pexels/Roger Brown)

LUKA akut tidak boleh disepelekan. Ada dua macam luka akut, ukuran kecil dan besar. Salah mengatasinya, luka akut akan bertambah parah. Tapi tidak perlu panik, mengatasi luka akut amat mudah.

Luka akut sering kita jumpai dan kerap terjadi terhadap individu sehat. Sebagian besar luka akut yang sering kita jumpai sehari-hari seperti luka bakar, luka akibat terjatuh hingga tersayat benda tajam. Umumnya luka akut bisa dirawat sendiri di rumah.

Baca juga:

Selalu Sedia Kotak Pertolongan Pertama di Rumah saat PSBB

Akan tetapi, luka akut lebih serius seperti luka bakar derajat 3, luka bakar yang berukuran lebih luas dari satu telapak tangan, atau luka bakar yang mengenai wajah dan persendian, harus segera mendapatkan pertolongan di rumah sakit.

Setelah luka bersih segera tutup dengan plester. (Foto: Unsplash/Photos Hobby)

Nah, untuk mengatasi luka akut ringan, dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician membagikan tipsnya pada acara Webinar bertajuk "Keluarga Hansaplast, Merawat Luka Akut Besar dengan Tepat", Senin (12/10).

Menurut Adisaputra, langkah pertama merawat luka akut ialah membersihkan luka dengan cairan antiseptik yang aman untuk jaringan luka. Gunakan cairan antiseptik mengandung PHMB yang tidak membuat luka terasa perih.

Baca juga:

Mengenalkan Anak Pentingnya Pertolongan Pertama Melalui Hansaplast First Aid Rescue

Kemudian, tutup luka segera setelah dibersihkan dengan plester seukuran luka. Jika luka berukuran besar, gunakan plester berukuran besar. Ukuran plester sesuai akan memaksimalkan penyembuhan luka. "Plester ukuran besar mencegah resiko infeksi dari paparan kotoran dan bakteri," papar Adisaputra.

Selain itu, apabila jaringan luka cenderung kering, aplikasikan salep luka sebelum luka ditutup dengan plester untuk menjaga kelembapan di jaringan luka.

Segera ke dokter jika luka akut lebih serius. (Foto: Pexels/Hush Naidoo)

Meski begitu, Adisaputra menyarankan apabila luka akut lebih serius, segera pergi ke dokter agar mendapatkan penanganan tepat. "Namun, penanganan luka tetap dapat dilakukan terlebih dahulu sebelum pasien dibawa ke rumah sakit," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hansaplast juga meluncurkan rangkaian produk terbarunya yaitu rangkaian produk untuk luka akut berukuran besar seperti plester aqua Protect XL & XXL, plester sensitive XL & XXL, kasa Steril, kasa Rol, dan cohesive Rol.

Jadi jangan sampai salah mengatasi luka akut ya sobat Merah Putih. (ikh)

Baca juga:

Cara Jitu Tangani Anak yang Sedang Demam

#Luka #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan