Cara Simpan Helm yang Benar Helm adalah perlengkapan wajib mengendarai sepeda motor. (Foto: Pexels/Roberto Nickson)

HELM bagi pengendara motor adalah alat yang paling utama. Tanpa helm jangan harap dapat bepergian jauh. Selain faktor keselamatan, tentunya melanggar aturan lalu lintas bila tak memakai helm.

Sayangnya kebanyakan pemilik helm tak memperhatikan cara penyimpanannya. Sebagai contoh adalah meletakan helm di bawah sinar matahari. Tujuannya supaya helm kering dari keringat. Namun cara ini menurut laman KabarOto salah.


Baca Juga:

Musim Hujan, Sepeda Motor Harus Selalu Maksimal

Sirkulasi Udara

helm
Helm sebaiknya jangan terkena terik matahari. (Foto: Unsplash/Sebastian Monroy)

Menyimpan helm tak memerlukan tempat khusus kok. Yang paling baik adalah tempat penyimpanannya memiliki sirkulasi udara yang baik dan terhindari dari paparan sinar matahari langsung. Bila dalam keadaan lembab dan langsung dijemur, nantinya dapat merusak busa dalam helm.


Lampu LED

helm
Masukan Silica gel di dalam helm untuk menjaga udara tetap kering. (Foto: Unsplash/NeONBRAND)

Ada baiknya bila menyimpan helm dalam lemari dengan tambahan lampu LED yang tidak panas. Tujuannya agar udara kering di dalam kering. Selain itu dapat ditambahkan pula silica gel di bagian dalam helm.


Baca Juga:

Begini Cara Mencengkram Handle Rem Sepeda Motor yang Benar

Visor

helm
Visor dibuka agar kelembaban di helm berkurang. (Foto: Unsplash/Naveen Saxena)


Bila bepergian sebaiknya helm jangan digantungkan di motor, kalau tempat parkir motor tanpa atap. Bila ada tenpat penitipan helm maka titipkanlah di sana. Visor sebaiknya dibuka tujuannya adalah untuk menghilangkan keringat dengan udara. Menitipkan helm merupakan langkah cerdas menghindarkan kehilangan helm. (*)


Baca Juga:

Biar Ban Sepeda Motor Awet, Rawat dengan Cara Sederhana Ini

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo