Relasi
Cara Selamatkan Diri Setelah Putus Cinta Butuh waktu untuk menghadapi putus cinta. (Foto: Pexels/Ivan Samkov)

HUBUNGAN percintaan itu menyenangkan, tapi putus cinta bisa menghancurkan. Namun, apakah pergolakan fisik akibat perubahan suasana hati dan gejala fisiologis, atau traumatis secara emosional, dibutuhkan waktu untuk menghadapi badai?

Ada faktor-faktor yang membuat pasangan lebih mungkin berdamai, tetapi jika akhir telah tiba dan tidak ada jalan untuk kembali, kabar baiknya adalah dengan kesabaran dan pola pikir yang positif, ada masa depan yang cerah di depan.

Baca Juga:

Karakter Film yang Ghosting, Rangga 'AADC' Paling Jahat

Pengembangan pribadi setelah putus

putus
Putus cinta bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang. (Foto: 123RF/Olga Yastremska)

Ty Tashiro dan Patricia Frazier dalam buku berjudul I'll Never Be in a Relationship like That Again, memeriksa frekuensi dan korelasi perkembangan pribadi dan kesulitan setelah putusnya sebuah hubungan percintaan.

Mereka memeriksa atribusi penyebab untuk penurunan dan pemutusan relasi: jenis kelamin, faktor kepribadian, dan siapa yang menginisiasi sebagai korelasi antara pertumbuhan dan kesusahan dalam kelompok sarjana dari 92 orang dewasa muda berusia 18-35 tahun, yang baru-baru ini mengalami putus.

Terlepas dari kenyataan bahwa putus cinta bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang, Tashiro dan Frazier menemukan kabar baik. Mengenai perkembangan pribadi, peserta melaporkan pengalaman putus mereka memicu berbagai jenis pertumbuhan pribadi yang diyakini dapat meningkatkan hubungan romantis di masa depan.

Berkenaan dengan jenis kelamin, perempuan melaporkan lebih banyak pertumbuhan daripada laki-laki, dan jenis faktor yang terkait dengan tingkat kesusahan yang lebih tinggi termasuk atribusi penyebab ke mantan kekasih, serta faktor lingkungan yang terlibat dalam hubungan sebelumnya.

Apakah penting siapa yang mutusin atau diputusin? Ternyata jawabannya ya. Orang-orang mengalami pemutusan hubungan secara berbeda, tergantung pada apakah mereka yang memulai perpecahan. Tashiro dan Frazier mencatat bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa yang tidak menginisiasi diasosiasikan dengan yang mengalami putus cinta karena lebih stres dan merasa kurang pulih. Menurut mereka, ini kemungkinan karena perasaan kontrol yang lebih rendah atas putus cinta.

Baca juga:

Kenapa Sih Kamu Susah Dekat dengan Orang Lain?

Jenis perkembangan pribadi

putus
Faktor sifat seperti lebih ekstrovert. (Foto: 123RF/havucvp)

Sisi baiknya, Tashiro dan Frazier menemukan perkembangan yang dilaporkan sendiri setelah putus adalah hal yang biasa. Peserta penelitian melaporkan perubahan positif yang mereka yakini dapat meningkatkan hubungan romantis di masa depan dalam empat kategori atribusi penyebab yang ditetapkan oleh penelitian sebelumnya: Diri sendiri, Orang lain, Relasi, dan Lingkungan.

1. Yang paling sering dilaporkan adalah tipe perkembangan pribadi, yang melibatkan fokus pada cara meningkatkan karakteristik, sifat, dan keyakinan seseorang setelah putus. Tashiro dan Frazier mencatat, sebagian besar perubahan yang dilaporkan tidak luas, faktor sifat seperti lebih ekstrovert, tetapi mencerminkan perubahan dalam perilaku atau sikap tertentu, seperti belajar untuk "mengakui ketika salah."

2. Kategori kedua dari perubahan positif yang paling umum adalah perkembangan lingkungan, yang diwujudkan dalam hubungan yang lebih baik dengan anggota keluarga atau kesuksesan skolastik yang meningkat. Tashiro dan Frazier mencatat bahwa satu penjelasan untuk ini adalah kenyataan bahwa orang-orang lebih mampu mengenali faktor lingkungan ketika semakin jauh jarak yang mereka dapatkan dari hubungan tersebut.

putus
Menemukan sisi positif yang dapat meningkatkan kualitas relasi. (Foto: 123RF/milkos)

3. Mengenai jenis pertumbuhan terkait dengan Lainnya, peserta studi melaporkan beberapa perubahan sehubungan dengan memilih pasangan yang lebih baik di masa depan. Mereka lebih cenderung melaporkan pergerakan positif dalam kategori faktor relasi, seperti komunikasi yang lebih baik.

4. Mengenai pertumbuhan, Tashiro dan Frazier mencatat, individu yang menghubungkan pembubaran dengan faktor Lingkungan lebih cenderung melaporkan pertumbuhan daripada yang menghubungkan perpisahan dengan faktor personal. Mereka menduga, orang yang melihat putus sebagai faktor yang dapat diubah, mungkin lebih cenderung untuk menemukan sisi positif yang dapat meningkatkan kualitas relasi mereka pada masa depan.

Kamu yang baru putus, didorong untuk fokus pada masa depan, bukan selalu "melihat ke kaca spion". Putus adalah akhir dari satu bab dan awal dari bab lainnya. Daripada melihat percintaan yang gagal sebagai waktu yang terbuang, jomblo baru ini dapat melihat hubungan percintaan yang hilang sebagai pelajaran, dan merangkul kesempatan untuk berkembang. Masa lalu sudah berakhir, tapi masa depan cerah baru saja dimulai. (aru)

Baca Juga:

Sudah Dewasa Masih Main Boneka, Wajar Enggak Sih?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Asyik, Sekarang Bisa Beli Sneakers Lokal Harga Semaunya
Fun
Asyik, Sekarang Bisa Beli Sneakers Lokal Harga Semaunya

Berapapun uang yang kamu miliki bisa untuk beli sneakers.

Trik Mengajarkan Anak Berpuasa
Fun
Trik Mengajarkan Anak Berpuasa

Mengajarkan anak berpuasa biasa dibilang gampang-gampang susah.

Menjalankan 4 Brata di kala Nyepi
Tradisi
Menjalankan 4 Brata di kala Nyepi

Hari Raya Nyepi sebagai pergantian tahun baru Saka membuat pulau cantik itu 'tidur' total selama 24 jam.

Rihanna hingga Justin Timberlake Tolak Kekerasan Anti-Asia di AS
ShowBiz
Rihanna hingga Justin Timberlake Tolak Kekerasan Anti-Asia di AS

Berangkat dari peristiwa yang terjadi di Atlanta.

Menang Grammy, Lady Gaga Malah Ketiduran
ShowBiz
Menang Grammy, Lady Gaga Malah Ketiduran

Lady Gaga ingatkan untuk memberi ucapan.

Intip Box Art dari Game Fisik PlayStation 5, Sangat Futuristik
Fun
Intip Box Art dari Game Fisik PlayStation 5, Sangat Futuristik

Konsol next-gen ini memang habis-habisan berusaha menarik penggila game.

Kontrol Asupan Gula dengan Mengatur Jadwal Makan Camilan
Fun
Kontrol Asupan Gula dengan Mengatur Jadwal Makan Camilan

Pentingnya mengontrol asupan gula serta mengatur jadwal makan camilan, karena berpengaruh bagi kesehatan tubuh

Dinosaurus Ini Memiliki Ekor Berbentuk Hati
Fun
Dinosaurus Ini Memiliki Ekor Berbentuk Hati

Seperti apa rupa dinosaurus ini?

Girls, Coba nih 3 Inspirasi Dress ala Hailey Bieber
Fashion
Girls, Coba nih 3 Inspirasi Dress ala Hailey Bieber

Kebanyakan busana sequin dress yang berkilau.