Kesehatan

Cara Sehat dan Jaga Tubuh Tetap Ideal Ala Adinia Wirasti

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 22 November 2023
Cara Sehat dan Jaga Tubuh Tetap Ideal Ala Adinia Wirasti
Pentingnya menjaga tubuh tetap ideal untuk kehidupan yang lebih sehat. (Foto: Unsplash/Jared Rice)

SEHAT itu murah, sakit itu mahal. Ungkapan itu sering terlontar di masyarakat Indonesia. Faktanya, menjaga tubuh sehat itu memang lebih sedikit butuh biaya ketimbang saat sakit.

Cara menjaga kesehatan bisa dengan menjaga tubuh untuk tetap ideal. Dengan tubuh ideal, orang bisa beraktivitas hingga masa senja tua.

Banyak orang beranggapan bahwa tubuh ideal diperoleh dari latihan terus menerus, bahkan sesering mungkin, ternyata hal itu tidak baik.

Adinia Wirasti, seniman peran sekaligus selebritas pada acara press conference AIA Vitality di Pacific Place Mall, Jakarta (21/11) mendorong masyarakat menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga tubuh tetap ideal.

Menurutnya menjaga tubuh itu perlu memperhatian makanan dan latihan konsisten yang diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Baca juga:

Dorong Nasabah Terapkan Gaya Hidup Sehat, AIA Gandeng Celebrity Fitness dan Fitness First

Latihan beban sangat penting untuk kekuatan otot pada masa tua. (Foto: Unsplash/Scott Webb)
Latihan beban sangat penting untuk kekuatan otot pada masa tua. (Foto: Unsplash/Scott Webb)

"Untuk menjaga tubuh tetap ideal, makanan harus dijaga, istirahat juga harus cukup jangan sering begadang dan latihan yang konsisten. Latihan konsisten juga enggak boleh dipaksa terus-terusan. Harus ada resting. Istirahat itu perlu untuk menjaga mental dan pikiran tetap stabil dan segar," kata Adinia.

Ia juga menyarankan orang datang ke gym untuk melatih kekuatan otot. Menurutnya kekuatan otot sangatlah penting jika sudah memasuki usia lanjut.

Ia juga menjelaskan bahwa banyak orang tua yang tiba-tiba jatuh di kamar mandi atau di dapur. Hal itu terjadi dikarenakan otot kaki mereka tidak terlatih dan pada sudah tua otot mereka lemah. "Biasanya orang tua, kan, suka tiba-tiba jatuh. Entah di dapur atau di kamar mandi, itu karena otot kaki mereka sudah tidak kuat," ujar Adinia.

Karena itu, Adinia mengatakan bahwa olahraga angkat beban itu penting, tetapi tidak perlu terlalu dipaksakan jika sudah tidak kuat.

Baca juga:

Dorong Gaya Hidup Sehat Lewat Zumba

adinia wirasti
Adinia berbagi tips menjaga tubuh tetap ideal. (Foto: Merahputih.com/Aqil Baihaqi)

“Enggak usah berat-berat, semampunya saja,” imbuhnya.

Ia juga mengatkan bagi para perempuan yang ingin melatih kekuatan otot di gym, mereka tidak usah khawatir jika badan mereka akan berotot seperti pria. “Kalau ada yang beranggapan angkat beban itu bikin six pack, itu big no. Karena six pack itu bukan dari angkat beban melainkan makanan yang dimakan," jelasnya.

Adinia juga berbagi makanan sehat seperti apa yang biasanya dia makan untuk menjaga bentuk tubuh, "Biasanya makanan sehat aku itu dada ayam tanpa kulit, tapi enggak digoreng. Di-grill atau di-pan fried 120 gram, misalnya. Dan ada karbo yang sehat. Terus sayur-sayuran, suplemen, dan air putih yang banyak," katanya.

Tidak hanya latihan yang konsisten dan makan yang perlu dijaga, mental dan stress menegement juga perlu diperhatikan. Menurutnya, melakukan hal hal seperti pijat-pijat atau fisio terapi juga membantu merekalsasi pikiran dan otot.

“Otot juga kalo di gempur terus-terusan juga gak baik, kalo mau pijit-pijit atau fisio terapi juga itu gak apa apa itu bagus kok,” pungkas Adinia. (aqb)

Baca juga:

Peringatan Pink Month, Seruan Gaya Hidup Sehat dengan Produk yang Tepat

#Olahraga #Kesehatan #Tips
Bagikan
Bagikan