Relasi

Cara Sederhana Agar Orang Percaya Sama Kamu

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 30 September 2020
Cara Sederhana Agar Orang Percaya Sama Kamu
Ada cara sederhana untuk membuat orang percaya..(Foto: Unsplash/Mimi Thian)

PASTI pernah merasakan kesulitan meyakinkan orang-orang dengan kata-kata? Bisa jadi orang-orang atau teman terdekatmu kadang memilih untuk tidak mempercayaimu karena alasan tertentu.

Laman Psychologytoday.com, mengungkapkan studi baru yang menawarkan cara mudah agar lebih dipercaya orang lain. Salah satu hal yang paling dasar yang harus dilakukan adalah dengan menunjukkan bahwa kamu memang memahami masalah lawan bicaramu.

Baca Juga:

4 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Kurang Percaya Diri

Hal ini bisa kamu lakukan menggunakan bahasa tubuh. Bahasa tubuh sendiri bisa kamu gunakan untuk membangun kepercayaan dengar lawan bicaramu, bisa dengan gerak tubuh yang berwibawa.

1. Nada suara

percaya
Gunakan nada suara yang tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah. (Foto: Unsplash/photo-boards)


Suara menjadi salah satu faktor penting untuk membangun kepercayaan seseorang. Suara digunakan untuk membangun otoritas, seperti dengan memasang nada vokalmu tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Bila suaramu terdengar seperti orang panik, bisa membuat lawan bicara kurang mempercayaimu.

2. Tanpa ekspresi

percaya
Wajah netral membuat lebih dipercaya. (Foto: Pixabay/TwinkleArora1989)


Jangan memasang ekspresi pada wajah. Penelitian itu menunjukkan bahwa dengan wajah netral dan mulut serta alis sedikit terangkat, mampu membuat orang menjadi lebih dipercaya. Seberapa jauh orang dapat mempercayaimu itu bisa dilihat dari ekspresi di wajah.

Baca Juga:

Seberapa Penting Rasa Percaya Diri Itu?

3. Argumen yang jelas

percaya
Argumen yang jelas agar lebih dipercaya oleh orang lain. (Foto: Unsplash/Anna Vander Stel)


Tidak hanya gestur yang membuat orang percaya kepada kita, tetepi tentu ditambahkan dengan argumen yang jelas. Tentunya dengan cara penyampaian argumen yang tepat, seperti dengan tutur kata yang sopan. Sehingga orang bisa lebih mempercayaimu.

4. Percaya diri

percaya
Harus percaya dengan argumen sendiri. (Foto: Unsplash/Headway)


Sebelum meyakinkan argumen kepada orang lain, tentu perlu percaya pada argumenmu sendiri. Ketika kamu tampak tidak percaya diri tentu menjadikan kita terlihat ragu dan orang menjadi tidak percaya pada argumen.

Memang secara tidak sadar kita ingin membuat diri kita agar dipercaya oleh orang lain. Sehingga otak kita akan secara sadar untuk melakukan tindakan-tindakan yang bisa membuat orang lain mempercayainya. Percaya atau tidak ini merupakan sebuah kemampuan untuk terhubung dengan lawan bicaramu.

Nah, mulai dari sekarang kamu bisa menerapkan beberapa cara tadi agar menjadi orang yang lebih dipercaya. (ren)

Baca Juga:

4 Ciri Orang yang Sedang Berbohong Menurut Ahli Gestur, Waspadai Orang Disekitarmu!

#Relasi #Percaya Diri
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan