Cara PSSI Lindungi Pemain Timnas Indonesia dari COVID-19 Pemain timnas Indonesia U-19 jalani Swab Test. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memberikan perlindungan ketat kepada seluruh pemain Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-19/U-20 dengan memberlakukan protokol kesehatan.

PSSI membentuk tim strelisasi demi kelancaran pemusatan latihan (TC) skuat Garuda. Nantinya, tim strelisasi bekerja selama TC Timnas Indonesia Senior dan U-19 dari 25 Juli sampai 8 Agustus 2020 di Stadion Madya, Jakarta.

Baca Juga

Dokter Timnas Indonesia Sebut Satu Pemain Dibawa ke Rumah Sakit

"Kami ada tim untuk sterilisasi area sebelum para pemain ke lapangan, lapangan harus sudah steril dengan disemprot disinfektan," kata dokter Timnas Indonesia, Ahmad Nizar dalam rilis PSSI.

"Sterilisasi dengan disinfektan juga sudah dimulai dari kendaraan (bus), ruang ganti, dan area sekitar lapangan. Setelah itu, baru pemain bisa masuk lapangan."

"Setelah itu tim sterilisasi juga harus sudah kembali ke hotel. Jadi pemain latihan, di hotel pun semua ruangan pemain langsung disterilisasi," tambahnya.

Pemain timnas Indonesia U-19 jalani Swab Test. Foto: PSSI

Tak hanya itu, PSSI juga membuat gelaran rapid test per 7 hari untuk seluruh pemain dan ofisial. Rapid test sudah dilakukan pada Kamis (23/7). Setelah itu, seluruh pemain dan ofisial melakukan swab test sehari setelahnya.

"Rapid akan dilakukan setiap pekan. Biasanya kan 14 hari, tapi kami tak mau ambil resiko. Jadi kami menggelar rapid test per 7 hari. Yang lebih ekstrem, setiap jadwal makan juga sudah bagi tim (sterilisasi) untuk thermo gun, hand sanitizer, dan semua pengecekan," tutur Ahmad Nizar.

"Jadi, kalau tiga kali makan sehari, tiga kali pula pengecekan. Di lapangan saat turun (bus) pun pemain harus hand sanitizer, bahkan minum di luar harus selalu membawa hand sanitizer," ucapnya.

Baca Juga

Shin Tae-yong Tekankan Pentingnya Nutrisi untuk Pemain Timnas Indonesia saat Pandemi

Meski begitu, latihan perdana Timnas Indonesia Senior dan U-19 pada TC kali ini batal, Sabtu (25/7). PSSI belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai batalnya latihan perdana ini.

Sebelumnya, satu pemain dilarikan ke rumah sakit karena masalah kesehatan. Namun, belum diketahui masalah kesehatan apa yang dideritanya. (Bolaskor)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH