Cara Pintar Memilih Bahan Makanan yang Baik Bagi Keluarga Makanan yang dijajakan di tempat makan. (Antara)

MerahPutih Keluarga – Memilih dan menyediakan makanan bagi keluarga memang lebih baik daripada anggota keluarga harus jajan di luar. Namun, makanan untuk keluarga juga harus pintar memilih bahan makanan.

Menurut penelitian lembaga non profit Gentle world menyebutkan ada enam cara memilih bahan makanan yang baik kesehatan keluarga. Pertama, sebaiknya menyeimbangkan konsumsi jenis makanan jangan hanya hanya mengonsumsi satu jenis makanan. (Baca: Hukum Meminum Air Susu Istri Saat Bercumbu)

Kedua, cobalah beralih pada bahan makanan organik, karena bahan organik sangat baik bagi tubuh. Ketiga, jangan memilih maka yang mengandung bahan kimia dan bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Keempat, pilihlah bahan makanan yang banyak mengandung vitamin dan antioksidan. Menurut badan pangan dunia (FAO), makanan yang baik adalah makanan ynag mengandung vitamin dan antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk menangkal radikal bebas, efek polusi dan sebagainya. (Baca: 5 Cara Menenangkan Anak yang Rewel dalam 5-10 detik)

Kelima, konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan air. Karena makanan yang mengandung serat dan air dapat membantu proses pencernaan di usus dan memperkuat enzim yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh.

Terakhir, memilih makanan diseuaikan dengan kesehatan keluarga. Jika salah satu anggota keluarga ada yang menderita suatu penyakit dan ada pantangan atau larangan memakan jenis makanan tertentu, sebaiknya dipertimbangkan kembali.



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH