Cara Mudah untuk Mengatasi Brain Fog Brain fog membuat kamu suit berkonsentrasi (Foto: Pexels/Pixabay)

SEBENARNYA ini bukan kondisi klinis. Namun, segelintir orang pernah mengalami apa yang namanya brain fog. Intinya suatu kondisi di mana otak kamu enggak bisa berkonsentrasi. Kamu akan menjadi pelupa dan berpikir dengan lambat.

"Itu (brain fog) salah satu keluhan paling umum yang saya dengar," kata Felicia Goldstein, Ph.D., profesor di departemen neurologi di Emory University Brain Health Center di Atlanta. Jika kronis, brain fog juga bisa merembet ke penyakit serius seperti alzheimer, depresi, diabetes, hingga anemia.

Namun, berita baiknya brain fog dapat diobati dengan mudah. Tanpa harus penanganan dokter asal ditangani lebih dini. Penyebab brain fog juga beragam, seperti stres, kurang tidur, depresi, hingga kekurangan Vitamin B12.

Nah, bagi kamu yang pernah mengalami brain Fog, kamu bisa bisa mengatasinya dengan cara menurut laman Men's Health ini.

1. Menjalankan diet mediterania

Ikan salmon memiliki kandungan B12 yang dibutuhkan otak (Foto: Pexels/Oscar Mikols)

Diet mediterania memiliki menu makanan sehat seperti buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun. Menu pada program diet ini akan membantu memperkuat daya ingat kamu. "Saya sangat merekomendasikan diet Mediterania," kata Goldstein.

Contohnya ikan salmon yang memiliki kandungan B12 dan jenis ikan lainnya yang mengandung asam lemak omega-3. Kandungan tersebut dapat mempercepat proses kerja otak pada gangguan kognitif ringan. Kandungan antioksidannya juga bagus untuk kebugaran otak.

2. Perbaiki waktu tidur

Tidurlah 6-8 jam sehari (Foto: Pexels/Ivan Obolensky)

Tidurlah lebih banyak jika kamu kekurangan waktu tidur. Caranya mudah tidurlah tepat waktu dan selama 6-8 jam sehari. Jauhkan gawai satu jam sebelum tidur. Karena cahaya pada gawai bisa mengacaukan produksi melatonin, zat yang membantu kamu untuk tidur. "Kekurangan waktu tidur dapat mengganggu konsentrasi,” kata Jonathan Rosand, M.D., co-direktur Pusat Kesehatan Otak McCance di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston.

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH