Image
Author by : Foto: MerahPutih/Rendy Nugroho

Langkah pertama yang harus kita lakukan yakni buka aplikasi PicsArt seperti gambar di atas, jika belum ada, anda bisa mendownloadnya secara gratis via Playstore.

Setelah itu siapkan foto yang dibutuhkan. Pertama adalah foto berupa pose tangan, sesuai dengan yang diinginkan. Kedua adalah screenshot halaman Instagram. Klik bagian 'edit' seperti pada gambar di atas maka akan muncul seperti gambar ke-3 atau paling kanan dan pilih 'gallery'.

Sekadar informasi, PicsArt Photo Studio adalah program editor foto gratis di ponsel yang paling populer. Dengan lebih dari 60 juta pemakai merupakan salah satu jaringan sosial seniman foto dan galeri karya terbesar.

Image
Author by : Foto: MerahPutih/Rendy Nugroho

Langkah selanjutnya pilihlah foto pose tangan anda yang akan anda pakai sebagai background. Pada bagian dasar layar, pilihlah opsi 'Draw' untuk menambahkan foto kedua. Kemudian klik pada bagian 'Photo', cari screenshot laman Instagram yang akan "digenggam" di foto tangan anda yang pertama tadi.

Screenshot transparansi foto sematan atau screenshot laman Instagram dapat disesuaikan dengan selera anda.

Editor foto PicsArt menyediakan banyak sekali manipulasi foto, masking, kolase, pigura, pembatas, stiker, efek teks, grafik clipart, pemotong, rotasi, penyesuai warna, dan masih banyak lagi.

Image
Author by : Foto: MerahPutih/Rendy Nugroho

Setelah screenshot dipilih maka anda diminta untuk mengatur ukurannya, anda bisa langsung klik bagian ceklist di pojok kanan bawah, setelah itu anda klik lagi bagian pojok kanan bawah untuk mengatur opacity atau transparansinya tanpa mengganggu foto yang pertama.

Model peletakkan screenshot itu pun bisa dipilih antara normal, multiply, overlay, screen, darken, lighten dan add. Anda bisa pilih sesuai dengan kreativitas anda.

Efek PicsArt menyediakan banyak sekali efek, bisa berupa pembuat stensil, kartunisasi, sketsa, Orton, Lomo, vintage, cross process, HDR, fatal, pensil, Holgaart, cat air, kontur, komik, neon, gouache, kertas tua, pastel, penghilang mata merah, popart, cermin, blur pintar, penghalus wajah, flash warna-warni, efek kertas dan sebagainya.

Image
Author by : Foto: MerahPutih/Rendy Nugroho

Tahap terakhir yaitu menyimpan foto hasil garapan anda ke Gallery. Caranya simpel, anda tinggal klik bagian 'Ok', maka foto hasil garapan anda pun langung tersimpan ke ponsel anda.

Selain cara di atas, bisa juga dengan cara klik 'logo unduh' di bagian atas bar, kemudian anda tinggal klik bagian 'Ok' seperti pada gambar di atas. maka foto hasil garapan anda otomatis tersimpan ke dalam folder 'PicsArt' di ponsel anda.

Foto ala #InstagramInHand pun siap dibagikan ke jejaring sosial Anda. Anda akan merasa senang apabila ternyata hasil karya Anda diapresiasi, atau jika belum bagus, memacu Anda untuk terus mencoba menjadi fotografer atau editor foto yang lebih baik lagi.

Yang perlu diingat adalah, siapapun Anda, PicsArt menyediakan peralatan untuk Anda berkreasi dan berkarya. Mudah bukan? semoga langkah-langkah tadi bermanfaat bagi anda.