Kesehatan Mental

Cara Mudah Memperoleh Kebahagian dengan Berhenti Mencari Kebahagian

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 02 November 2022
Cara Mudah Memperoleh Kebahagian dengan Berhenti Mencari Kebahagian
Kamu dapat melakuakn kegiatan-kegiatan yang disukai untuk memperoleh kebahagiaan. (freepik/ijeab)

BISA jadi masih banyak orang yang sedang mencari kebahagian. Oleh karena itu tak mustahil bila mereka merasa bahwa memperoleh kebahagiaan adalah sesuatu yang sulit untuk dicapai. Mereka seringkali mencarinya baik itu dengan mencapai suatu tujuan atau dengan membandingkan diri.

Melansir dari psycom kebahagian adalah perasaan kegembiraan dan kepuasan. Namun sayangnya itu hanya bersifat sementara.

Baca Juga:

Apakah Kamu Bahagia Bersamanya?

bahagia
Anak-anak selalu ceria, karena mereka tahu bahwa bahagia ada dalam diri. (freepik/jcomp)

“Kebahagiaan adalah perasaan sekilas yang datang dan pergi tetapi tidak dapat bertahan lama. Karena hidup pasti akan mengarah pada perasaan lain yang tidak sesuai seperti kegelisahan, ketakutan, kemarahan,” ungkap Psikolog klinis, Jennifer Barbera.

Celakanya mereka menganggap kalau kebahagian hanya dapat diperoleh ketika mencapai titik tertentu dalam hidup. “Jika kamu berpikir kamu hanya akan bahagia. Misalnya kamu memiliki pekerjaan tertentu namun dapat menjadi masalah besar ketika diambil dari diri kamu, ” jelas Patrick Wanis, pakar perilaku manusia.

Masalah lainnya adalah seringkali seseorang membandingkan kehidupannya dengan orang lain sebagai patokan kebahagiaan. “Membandingkan hidup kita sendiri dengan gambaran kebahagiaan snapshot, yang kita lihat di media sosial sangat bermasalah. Karena gambar-gambar itu hanya memberi ilusi kebahagiaan pada orang-orang,” ungkap Barbera.

Baca Juga:

4 Alasan Kamu Tidak Bahagia

bahagia
Kamu tidak perlu mencarinya melainkan hanya dengan melakukan sesuatu yang dapat membuat dirimu merasa penuh. (Pexels/George Shervashidze)

Barbera mengungkapkan, sebenarnya memperoleh kebahagiaan adalah suatu hal yang mudah. Kamu tidak perlu mencarinya melainkan hanya dengan melakukan sesuatu yang dapat membuat dirimu merasa penuh. “Pemenuhan adalah proses menjalani kehidupan yang berharga. Di mana seseorang mengejar hal-hal yang penting bagi mereka dan tahu yang mereka sukai,” kata Barbera.

Dia juga menyarankan agar orang-orang lebih fokus untuk menjalani kehidupan yang lebih bermakna dengan melakukan hal-hal sederhana yang mampu membuat bahagia. Misalnya membantu orang lain karena menurut penelitian menjadi seorang pekerja sukarela mampu membawa kepuasaan yang besar.

Selain itu, dengan selalu bersyukur kamu juga dapat menghargai apa yang sudah didapat. Kemudian kamu dapat mendekatkan diri dengan orang terdekat dan melakukan kegiatan bersama, sehingga kamu bisa merasa terhubung dan menjadi bagian dari sesuatu. (nbl)

Baca Juga:

Menjadi Bahagia dengan 8 Kebiasaan Positif

#Kesehatan #Kesehatan Mental #Lipsus Oktober Bahagia
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan