Cara Mudah Kreator Baru Memonetisasi Konten

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Kamis, 03 November 2022
Cara Mudah Kreator Baru Memonetisasi Konten
Arief Muhammad membagikan tips kepada kreator baru agar tetap konsisten berkarya. (Foto: Tip-Tip)

ROBOT biru muda berkepala kotak, bermuka hitam, dengan mata dan bibir oranye, mendadak muncul di tengah South Gallery, Hotel Alila, SCBD, (3/11). Robot dengan tubuh penuh urat oranye tersebut mondar-mandir di tengah keramaian memamerkan namanya nan tergurat di bagian perut tambunnya bertulis Algojo. Demi menambah pusat perhatian, disongsongnya papan bertulis, “Algoritma, Meneror Ekosistem Konten Kreator”.

Baca juga:

Berkah Putus dari Hubungan Toksik

“Robot Itu Algojo alias Algoritma Joahat,” kata Albert Lucius, Pendiri dan CEO TipTip kepada Merahputih.com. Sekarang, lanjut Albert Lucius, banyak platform dengan algoritma rumit membuat kreator baru sulit berkembang karena harus punya followers besar dahulu baru bisa dikenal atau dimonetisasi. sehingga segala cara dilakukan agar cepat viral. “Algoritma itu akhirnya membuat ekosistem kreator tidak bisa berkembang lebih besar karena kreator berfollowers banyak makin besar sementara kreator baru sulit dapat panggung,” tambah Albert Lucius.

Setelah meresmikan kehadiran di bulan Juli lalu, TipTip kembali mengumumkan kampanye baru “Lakuin di TipTip” dan mengajak masyarakat Indonesia mendukung perkembangan industri kreator dengan memonetisasi kreativitas dan passion di TipTip. Kampanye ini turut membuka kesempatan bagi setiap pemangku kepentingan di industri kreator untuk saling mendukung guna mewujudkan pembangunan ekosistem ekonomi kreator Indonesia nan selalu bertumbuh. Diperkirakan jumlah kreator di Indonesia akan terus bertumbuh sebanyak 15% per tahunnya hingga 2027.

Tip TIp
Kampanye Lakui di Tip-Tip membuka peluang kreator baru untuk terus berkembang. (Foto: Tip-Tip)



“TipTip percaya potensi ekonomi kreator bisa berkontribusi positif pada industri kreatif sekaligus perekonomian Indonesia secara keseluruhan, terutama melalui sebuah ekosistem ekonomi kreator terus berkembang. Keyakinan ini tentu mendorong TipTip memperkuat posisi untuk mewujudkan potensi tersebut,” ungkap Albert Lucius.

TipTip meningkatkan beberapa fitur pengalaman nan memudahkan komunitas memonetisasi passion mereka. Kreator bisa menjual Digital Konten atau membuat Live Session dilengkapi dengan fitur tipping bagi suporter di setiap sesinya. Tidak hanya bagi para pembuat konten, fitur promotor TipTip juga memberikan akses ke semua orang untuk bisa mempromosikan digital konten kreator mana pun dan mendapatkan penghasilan darinya.

Baca juga:

Cegah Kantong Bocor, Hindari Kalap saat Banjir Promo

“TipTip membuka kesempatan bagi siapa pun nan ingin memperoleh penghasilan dari peran dan passion digeluti. Misi besar kami tidak akan terwujud jika tidak ada keterlibatan banyak pihak. Kami berharap TipTip bisa semakin kuat dalam membantu pembangunan ekosistem ekonomi kreator dan semakin banyak lagi masyarakat Indonesia nan bisa merasakan langsung dampak positif dari profesi sebagai pembuat konten,” kata Presiden Komisaris TipTip Triawan Munaf.

Tip-TIp
Kreator baru bisa langsung memonetisasi kontennya. (Foto: Tip-Tip)

Kini, TipTip sudah menghadirkan ratusan konten menarik dari lebih dari 1,000 kreator nan bergabung sejak awal peresmiannya. Setiap bulannya ada sekitar 200 konten baru dari para kreator, terbagi ke dalam ragam sub-topik kategori seputar topik pengembangan diri, kesehatan, bisnis dan entrepreneurship, hiburan, teknologi dan sains, dan topik menarik lainnya. Dilengkapi dengan fitur pengalaman monetisasi lengkap dan transparan bagi kreator, juga suporter sebagai promotor, TipTip memastikan terciptanya budaya saling mendukung sebagai bentuk apresiasi kepada kreator.

“TipTip ini kayak jodohin passion saya. Tidak hanya ketemu sesama kreator, tapi juga dapat dukungan lebih dari suporter dan promotor. Konten saya pun bisa menonjol tanpa perlu khawatir kalah bersaing mengejar algoritma. Senang sekali bisa langsung berinteraksi dengan pendukung dan dapat apresiasi langsung dari mereka,” ungkap Antasena Perdana, salah satu kreator TipTip.

Kampanye “Lakuin Di TipTip” mengundang semua kalangan masyarakat bergabung dalam ekosistem kreator TipTip. Kegiatan Hyperlocal berikutnya diagendakan untuk merangkul lebih banyak kreator di Indonesia, khususnya di kota Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Aplikasi TipTip sudah tersedia di Google Store dan Apps Store. Pantau akun Instagram TipTip untuk update menarik lainnya. (*)

Baca juga:

Tradisi-Tradisi Minta Berkah di Indonesia

#Teknologi
Bagikan
Bagikan