Cara Mudah Hilangkan Rasa Pegal Usai Perjalanan Jauh Lelah karena perjalanan jauh? Ini solusinya (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Satu masalah yang sering dihadapi sehabis melakukan perjalanan jauh adalah kelelahan. Otot-otot cenderung menjadi kaku dan sakit. Seseorang sengan rutinitas tersebut setiap hari dapat menghadapi masalah ini segera setelah tiba di rumah.

Tapi kamu tak perlu khawatir karena beberapa pengobatan rumahan bisa menyelesakannya. Ada beberapa pengobatan rumahan yang efektif yang mengurangi rasa sakit, kekakuan dan kejang otot. Mereka aman untuk digunakan dan dapat digunakan setiap hari.

1. Jus ceri

Jus ceri (Sumber:  Ppixabay/FaviconLtd)
Jus ceri (Sumber: Pixabay/FaviconLtd)

Jus ceri akan melenturkan otot yang sakit setelah perjalanan panjang. Antioksidan di dalam ceri bernama anthocyanin dipercaya bekerja dengan mengurangi peradangan. Cobalah minum jus ceri untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Dijamin masalah pegal karena perjalanan jauh akan hilang.

2. Makan makanan yang kaya magnesium

Almond salah satu makanan kaya magnesium (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Almond salah satu makanan kaya magnesium (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Beberapa sumber makanan yang kaya akan magnesium adalah molase, bayam, bubuk kakao, kacang hitam, biji rami, biji wijen, biji bunga matahari, almond dan kacang mede. Kadar magnesium yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan nyeri otot secara umum dan kram otot. Alternatif lainnya adalah mengonsumsi suplemen magnesium.

3. Pijatan dengan minyak atsiri

Pijatan dengan minyak atsiri solusi bagus (Sumber: Pixabay/whitesession)
Pijatan dengan minyak atsiri solusi bagus (Sumber: Pixabay/whitesession)

Minyak atsiri bertindak sebagai anti-inflamasi, analgesik. Memijat tubuh dengan minyak atsiri bekerja secara efektif dalam meredakan nyeri. Pijatan meningkatkan sirkulasi darah ke otot-otot yang memberi kehangatan dan juga membantu dalam menyebarkan asam laktat. Sementara minyak melemaskan otot-otot dan mengurangi rasa sakit.

4. Garam epsom

Gunakan garam epsom (Sumber: Pixabay/onefox)
Gunakan garam epsom (Sumber: Pixabay/onefox)

Garam epsom atau magnesium sulfat adalah mineral alami yang mengurangi peradangan jaringan otot dan mengurangi rasa sakit tubuh. Ia juga mengurangi nyeri otot dalam kondisi kronis seperti fibromyalgia. Kamu bisa menggunakan garam epsom untuk mandi dengan campuran air hangat.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel bis adipakai untuk obati pegal (Sumber: Pixabay/rawpixel)
Cuka sari apel bis adipakai untuk obati pegal (Sumber: Pixabay/rawpixel)

Cuka apel adalah obat rumahan yang efektif untuk meredakan dan meredakan nyeri otot. Campurkan satu atau dua sendok makan ke dalam segelas air dan minum. Kamu juga bisa menggosok cuka langsung pada area otot yang sakit atau kram. Ini akan meredakan nyeri otot.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH