Cara Mudah Bikin Tahu Gimbal Khas Semarang

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Sabtu, 21 November 2015
Cara Mudah Bikin Tahu Gimbal Khas Semarang
Tahu Gimbal khas Semarang. (pinterest)

MerahPutih Kuliner - Tahu Gimbal, makanan khas Kota Semarang. Tahu Gimbal terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang.

Beda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental. Saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer. Adapun yang khas dari tahu gimbal adalah gimbal itu sendiri. Gimbal adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang.

Gimbal digoreng garing dengan perpaduan rasa yang pas antara gurih, manis dan pedas. Sama seperti tahu atau lontong, gimbal dipotong-potong kecil-kecil dengan gunting khusus. Tahu gimbal yang rasanya gurih, manis dan pedas ini bisa jadi alternatif saat anda malas menyantap nasi, cukup tambahkan beberapa buah lontong agar bisa mengenyangkan.

Di kota Semarang banyak sekali penjual tahu gimbal kalau malam di sepanjang Jalan Pahlawan, sekitar Taman KB, dan depan Masjid Baiturrahman Semarang . Harga seporsi untuk tahu gimbal lengkap sekitar Rp10.000.

Namun jika And apenasaran ingin mencobanya, And atidka perlu jauh0jauh ke Semarang. Karena Tahu Gimbal bisa dibuat dnegan mudah di rumah. Berikut resep lengkapnya:

Bahan-bahan:

1 buah tahu putih, rendam dalam air garam, goreng sampai kering, potong kecil-kecil
125 gram taoge, bersihkan dan buang akarnya
150 gram kol, iris tipis
minyak goreng untuk mengoreng gimbal secukupnya
bawang goreng secukupnya

Bahan untuk Gimbal Udang:

150 gram udang ukuran sedang, kupas dan bersihkan
1 butir telur ayam
100 gram tepung terigu
50 gram tepung beras
1 batang bawang daun, iris tipis
1 batang seledri, iris kecil-kecil
150 ml air bersih
1/2 sendok teh lada
1 sendok teh garam

Bahan Bumbu Kacang:

200 gram kacang tanah, goreng l
6 siung bawang putih, iris tipis, goreng
10 buah cabai rawit merah, haluskan
2 sendok makan gula merah yang sudah diserut
8 sendok makan kecap manis
100 ml air hangat

Cara Memasak:

1. Semua bahan untuk gimbal udang dicampur, aduk hingga merata lalu goreng dalam minyak panas sesendok demi sesendok (sendok sayur), hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
2. Untuk membuat bumbu kacang encer, tumbuk kacang dan irisan bawang putih yang telah digoreng, cabe rawit merah, dan gula merah. Encerkan dengan air hangat, lalu tambahkan kecap manis.
3. Tahu goreng, gimbal, dan bumbu kacang encer sudah siap, sekarang tinggal menyajikan. Caranya dengan menaruh potongan tahu dan potongan gimbal dalam piring, beri diatasnya taoge dan irisan kol, lalu siram dengan bumbu acang encer, taburkan bawang goreng.
4. Tahu gimbal asli khas semarang siap disantap.

BACA JUGA:

  1. Resep Ayam Tuturuga Asli Manado
  2. Resep Sambal Dabu-Dabu Asli Manado
  3. Sate Klopo Khas Surabaya yang Wajib Dicoba!
  4. Resep Spesial Tahu Pong Khas Semarang
  5. Cara Mudah Bikin Lumpia Khas Semarang
#Kuliner Semarang
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan