Cara Mudah Bikin Mie Aceh Spesial di Rumah Mie Aceh (royco.co.id)

Mie Aceh merupakan salah satu kuliner yang saat ini sedang banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Mie Aceh adalah mie dengan ciri khas bumbunya yang sangat terasa kuat akan rempah-rempahnya dan sangat berbeda dengan mie di daerah lain yang umumnya terasa agak manis.

Mie Aceh yang dijual saat ini umumnya ada dua jenis, yaitu mie Aceh goreng kering, dan mie Aceh goreng basah. Kedua-duanya sama nikmatnya dan sama-sama di taburi bawang goreng, kerupuk melinjo, irisan bawang merah mentah, cabai rawit mentah, potongan mentimun, dan jeruk nipis.

Selain dilengkapi dengan berbagai olahan irisan daging sapi, atau daging kambing, hidangan tradisional khas provinsi Serambi Mekah yang terkenal dengan rasa pedas, segar dan lezatnya ini ternyata mudah untuk dibuat di rumah. Citarasa yang khas pastinya akan menggugah selera makan Anda bersama keluarga.

Jika Anda tertarik untuk mencicipi resep masakan satu ini, Yuk Anda bisa langsung membuatnya sendiri di rumah dengan menyediakan bahan-bahan berikut ini dan ikuti cara memasaknya.

Bahan:

- 250 gram daging kambing
- 400 gram mie basah besar yang telah diseduh air panas
- 3 siung bawang putih yang diiris tipis
- 3 butir bawang merah yang diiris tipis
- 1 buah tomat merah yang telah dipotong-potong
- 75 gram taoge
- 4 lembar kol yang diiris kasar
- 3 sendok makan kecap Manis
- ½ sendok teh cuka
- 350 gram kaldu sapi dari rebusan tulang sapi
- 1 batang daun bawang yang dipotong 1 cm
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- 500 ml air

Bumbu:

- 8 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 5 buah cabai merah besar yang dibuang bijinya
- 2 cm kunyit yang dibakar
- 2 butir kapulaga yang disangrai
- ¼ sdt jintan sangrai
- ½ sdt merica bubuk

Bahan pelengkap:

- Emping goreng

Cara Masak:

Pertama-tama, rebus daging kambing bersama dengan 1 lembar daun salam, 1 batang serai, 3 lembar daun jeruk, dan 2 cm jahe sampai matang.

Setelah matang lalu buang airnya dan potong-potong dagingnya.

Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, dan bumbu. Tuang kaldu sapi. Aduk rata sampai meresap. Tumis halus sampai tercium harum.

Masukkan daging kambing. Aduk hingga rata. Tambahkan tomat, kol, dan taoge. Aduk rata sampai layu. Masukkan kecap manis, garam, penyedap rasa dan cuka dan diaduk kembali hingga rata.

Tambahkan mie kuning. Masak sambil diaduk hingga matang. Setelah itu, masukkan daun bawang. Aduk lagi hingga rata. Angkat dan sajikan dengan pelengkap.

Mie Aceh spesial buatan Anda di rumah siap disantap. Selamat Mencoba.

Lihat juga resep makan istimewa lainnya di sini: Resep "Sushi Roll Isi Ayam Goreng Spicy Mayo": Mudah Dan Sesuai Lidah Indonesia


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH