Cara Mudah Agar Smartphone Awet Smartphone bisa menjadi awet jika Anda rajin restart smartphone 2 kali sehari. (Foto: pixabay)

Seperti yang Anda ketahui, dewasa ini hampir semua orang memiliki smartphone. Tak hanya satu, bahkan dua buah.

Sayang, penggunaan secara terus menerus, terkadang bisa membuat smartphone lekas rusak. Maka, akan lebih baik bila Anda mengetahui cara merawat ponsel. Berikut cara mudah agar smartphone awet.

1. Pakai antivirus

Smartphone memang rentan terkena virus yang berasal dari jaringan internet. Padahal smartphone yang Anda gunakan pasti menggunakan jaringan internet.

Dengan demikian, tidak jarang pengguna smartphone terkena virus pada smartphone-nya. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan antivirus yang dapat Anda unduh dengan mudah.

2. Nonaktifkan smartphone saat tidak dipakai

Kelihatannya memang jarang orang tidak menggunakan smartphone-nya. Setiap saat Anda pasti melakukan aktivitas dengan ponsel mereka.

Sebenarnya, akan lebih baik jika smartphone dimatikan saat sedang tidak dipakai. Dengan demikian, komponen- komponen elektrik smartphone seperti prosesor dan RAM akan menjadi dingin.

3. Buang aplikasi yang jarang digunakan

Smartphone memang bisa menyimpan berbagai aplikasi, tergantung dengan kapasitas memori internal pada smartphone.

Akan lebih bijak jika Anda menghilangkan aplikasi yang sudah jarang dipakai. Terlalu banyak aplikasi bisa membuat ponsel lebih boros baterai, dan membuat smartphone tidak awet.

4. Gunakan selalu charger asli smartphone

Sangat penting jika Anda selalu menggunakan charger smartphone asli bawaan. Berbicara soal charger, memang banyak charger smartphone jenis apapun, seperti punya teman Anda misalnya, yang bisa dipakai pada Anda.

Pada kenyataannya, charger yang bukan asli dari smartphone Anda bisa menimbulkan efek samping pada ponsel.

5. Restart smartphone 2 kali sehari

Sangat penting untuk restart smartphone Anda. Seharian penuh pasti Anda menggunakan ponsel, sehingga kinerjanya sangat berat.

Dengan restart smartphone Anda, jaringan sistem operasi ponsel akan "segar" kembali, sehingga bisa digunakan kembali dengan mudah.

Baca juga artikel tentang smartphone 4 Langkah Agar Baterai Ponsel Terisi Cepat


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH