Hobi
Cara Merawat Tanaman Sukulen di dalam Rumah Sukulen dianggap sebagai tanaman yang bagus untuk pemula dan berfungsi ganda sebagai dekorasi rumah. (Freepik/Rawpixel)

POPULARITAS sukulen tumbuh pesat pada awal 2000-an. Tanaman ini menjadi andalan untuk hiasan interior dan taman rumah. Sifat perawatan yang rendah, titik harga yang terjangkau, dan penampilan yang instagramable membuat sukulen begitu memikat perhatian kaum muda.

Sukulen dianggap sebagai tanaman yang bagus untuk pemula dan berfungsi ganda sebagai dekorasi rumah. Meskipun sukulen umumnya mudah dirawat, masih ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi agar tanaman itu dapat berkembang.

Sukulen merupakan kelompok tumbuhan yang beragam dengan daun serta batang yang tebal dan berdaging untuk menyimpan air. Mayoritas sukulen berasal dari iklim panas dan gersang, tetapi dengan perawatan yang tepat, tanaman ini dapat ditanam hampir di mana saja.

Sinar Matahari dan Kelembapan

Karena sukulen berasal dari lingkungan dengan banyak sinar matahari, tanaman ini cenderung membutuhkan paparan sinar UV yang baik. "Setidaknya, sebagian besar sukulen butuh terkena cahaya selama lebih dari enam jam setiap hari. Kamu dapat menempatkan tanaman di jendela yang menghadap ke selatan atau barat untuk hasil terbaik," kata Chad Massura, co-founder Rosy Soil, produk media tanam ramah lingkungan di AS.

Namun, intensitas cahaya yang dibutuhkan tanaman sukulen juga tergantung pada beberapa hal. Misalnya, varietas, lokasi penempatan sukulen, dan iklim tempat tinggal.

"Sebagai aturan umum, sebagian besar sukulen dapat tahan lebih lama di iklim yang panas dan kering, dan akan membutuhkan lebih banyak sinar matahari di iklim yang lebih dingin," kata kurator Ryan Guillou di San Francisco Botanical Garden, AS.

Baca juga:

Manfaat Menaruh Tanaman di Kamar Mandi

merawat sukulen
Sukulen juga telah beradaptasi dengan ekstrem gurun sehingga cukup baik dalam menghadapi kondisi panas dan dingin. (Unsplash/Angèle Kamp)

Massura juga menambahkan bahwa sukulen yang tumbuh dalam kondisi cahaya rendah, berbentuk lebih rata dan merenggang dalam upaya untuk mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Jika sukulen condong ke arah matahari, dia menyarankan untuk putar tanaman setiap bulan untuk membantu agar posisinya lebih tegak.

Karena sukulen berasal dari iklim panas dan gersang, tanaman ini umumnya lebih menyukai suhu hangat dengan kelembaban lebih rendah. Meskipun sekali lagi semua tergantung pada spesiesnya.

Untuk kisaran umum, kebanyakan sukulen lebih menyukai suhu antara 4-26 derajat Celcius dan tingkat kelembaban antara 40 dan 60 persen. Demikian dikatakan oleh Diane Glaub, manajer tanaman di San Francisco Botanical Garden.

Sukulen juga telah beradaptasi dengan cuaca ekstrem gurun sehingga cukup baik dalam menghadapi kondisi panas dan dingin. Namun, Massura menekankan bahwa kelembaban adalah masalah yang lebih besar di sini.

"Lingkungan dengan kelembaban tinggi dengan cepat menyebabkan pembusukan, layu, dan kematian perlahan," katanya.

Sukulen dapat memerangi kelembaban tinggi (dari 70 hingga 90 persen) selama mereka mendapatkan banyak sinar matahari setiap hari untuk menjaga daun dan tanahnya tetap kering.

Baca juga:

Pakar Spill Tanaman Hias Paling Populer 2022

merawat sukulen
Jika tidak menggunakan tanah yang berdrainase baik, kamu mungkin harus menyesuaikan kebiasaan menyiram. (Freepik/Rawpixel)

Media Tanam dan Nutrisi

Tanah berpori dan berdrainase baik dengan tekstur gembur dan berbulir sangat ideal untuk sukulen. Media tanam seperti itu memastikan tanaman tidak terendam air untuk waktu yang lama.

Jika tidak menggunakan tanah yang berdrainase baik, kamu mungkin harus menyesuaikan kebiasaan menyiram agar tanaman tidak mengering atau busuk akar.

"Jika kamu menanam di tanah yang lebih berat, pastikan tanah itu cukup kering. Dan jika tumbuh di tanah yang lebih ringan seperti pasir atau campuran kaktus, kamu mungkin perlu menyiram lebih banyak," kata Guillou seperti diberitakan Real Simple.

Selain itu, air memegang peranan penting dalam perawatan sukulen. Ketika menyiram sukulen, Guillou menyarankan seperlunya saja. Sebab, frekuensi penyiraman akan tergantung pada spesies dan kondisi tumbuhan. Sebagian besar sukulen harus dibiarkan mengering sepenuhnya sebelum kembali disiram. Itu berarti tanah sukulen harus kering dan rapuh sebelum kamu memberinya air lagi.

Jika daun dan batang mulai berkerut dan menjadi cokelat, itu pertanda tanaman mengalami dehidrasi dan perlu disiram, kata Angelica Elliott, asisten direktur hortikultura publik di Desert Botanical Garden, Phoenix.

Jika ragu, lebih baik membiarkannya kering. "(Sukulen-Red.) akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bangkit kembali setelah kurang air daripada terlalu banyak air," kata Guillou.

Sukulen umumnya tidak membutuhkan pupuk saat ditanam di tanah. Sebab, menurut Elliot, sukulen biasanya dapat memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan dari tanah. Jika menanam sukulen dalam pot, kamu perlu memberikan manfaat nutrisi dari pemupukan tanaman secara berkala saat tanaman itu tumbuh aktif. (aru)

Baca juga:

Tak Semua Tanaman Hias Ramah Kucing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Facebook dan Instagram Diblokir Rusia, Kenapa WhatsApp Tidak?
Fun
Facebook dan Instagram Diblokir Rusia, Kenapa WhatsApp Tidak?

Menariknya, meski masih di bawah naungan Meta Platform Inc., WhatsApp masih boleh beredar.

'Dragon Age: Absolution', Serial Anime Terbaru di Netflix pada Desember 2022
ShowBiz
'Dragon Age: Absolution', Serial Anime Terbaru di Netflix pada Desember 2022

Memadukan nuansa dua dimensi dan tiga dimensi dengan animasi yang khas.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Gelar 'Duchess' Kerajaan Inggris
Fun
Mengenal Lebih Jauh Tentang Gelar 'Duchess' Kerajaan Inggris

Duchess merupakan padanan feminin untuk seorang Duke (Adipati dalam bahasa Indonesia).

Citayam Fashion Week dapat jadi Inovasi Disruptif
Fashion
Citayam Fashion Week dapat jadi Inovasi Disruptif

Citayam Fashion Week diciptakan kreativitas anak muda dan mampu menarik perhatian pesohor.

Nikmatnya Menyeruput Kopi Latte Rasa Kolak
Fun
Nikmatnya Menyeruput Kopi Latte Rasa Kolak

Kombinasi kolak dan kopi menjadi minuman kekinian nan nikmat rasanya.

Persiapkan Mental Anak Hadapi Kembali ke Sekolah
Fun
Persiapkan Mental Anak Hadapi Kembali ke Sekolah

beberapa anak malah mengalami kecemasan, stres, dan canggung yang berlebihan.

Efek Kuat Headphone pada Pendengar
Hiburan & Gaya Hidup
Efek Kuat Headphone pada Pendengar

Gawai tersebut menempatkan suara 'di dalam kepala'.

Penobatan Prabu Siliwangi sebagai Sri Baduga Maharaja
Fun
Penobatan Prabu Siliwangi sebagai Sri Baduga Maharaja

Hari penobatannya diresmikan sebagai Hari Jadi Kota dan Kabupaten Bogot.

Perbankan Turut Tingkatkan Kualitas Pewarta Foto Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Perbankan Turut Tingkatkan Kualitas Pewarta Foto Indonesia

Para Pewarta Foto Indonesia juga akan mendapat pelatihan dari mentor ternama.

4 Tips Menjaga Kesehatan Pikiran saat Aktivitas Mulai 'Burn Out'
Fun
4 Tips Menjaga Kesehatan Pikiran saat Aktivitas Mulai 'Burn Out'

Kondisi burn out bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental.